Sumber Dari Omega -3, -6 dan -9

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Omega -3, -6 dan -9 merupakan tiga asam lemak esensial yang berperan dalam fungsi tubuh yang optimal. Omega-3 dan omega-6 adalah asam lemak yang membantu dalam pencegahan penyakit kardiovaskular serta dapat meringankan gejala depresi, gangguan pencernaan, kolesterol tinggi, arthritis, diabetes dan sejumlah penyakit lainnya. Sedangkan, omega-9 asam lemak dapat menstabilkan kadar kolesterol guna mencegah penyakit jantung.

Sumber Omega terbanyak berasal dari minyak ikan seperti ikan mackerel, tuna dan salmon. Atau kamu dapat mengkonsumsi suplemen fish oil untuk memenuhi kebutuhanmu. Berikut sumber dari masing-masing omega 3, 6 dan 9:

  • Omega-3

Ada dua jenis utama asam lemak omega-3 yaitu docosahexaenoic acid (DHA) dan alpha-linolenic acid (ALA). DHA ditemukan dalam ikan seperti kakap, salmon, tuna dan ikan haring serta makanan laut seperti udang dan kerang. Sedangkan, ALA ditemukan dalam makanan nabati seperti biji rami, kenari, kedelai, tahu, brokoli, bayam, kemangi, daun anggur, kale dan kembang kol.

  • Omega-6

Dua jenis utama dari asam lemak omega-6 adalah gamma-linolenat acid (GLA) dan linoleat acid (LA). GLA hanya ditemukan dalam beberapa sumber seperti minyak kismis hitam, minyak evening primrose dan minyak borage. Sementara LA dapat diperoleh dari berbagai macam makanan termasuk minyak sayur, minyak jagung, minyak bunga matahari, minyak biji anggur, minyak kedelai, minyak gandum dan minyak safflower, menurut Evelyn Tribole, ahli diet terdaftar dari omegaoptimize.com.

  • Omega-9

Globalhealingcenter.com menjelaskan bahwa asam lemak omega-9 lemak dibuat oleh tubuh dari omega-3 dan omega-6. Namun, jika Anda tidak mendapat asupan cukup omega-3 dan omega-6, Anda akan harus mendapat asupan omega-9 dari diet. Asam lemak omega-9 dapat diperoleh dari alpukat, kacang tanah, kemiri, virgin olive oil, zaitun, almond, minyak wijen, kacang mete dan hazelnut.

Cara terbaik untuk mendapat asupan asam lemak omega adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak atau dibantu dengan suplemen. Namun, pemilihan suplemen sebaiknya atas rekomendasi ahli gizi. Disarankan untuk memilih suplemen yang dikemas dalam botol kaca gelap hijau atau coklat, agar dapat menyaring cahaya sehingga kualitas produk tetap terjaga. Suplemen asam lemak harus mengandung vitamin E yang dicampur dengan minyak untuk menjaga kesegaran dan mencegah oksidasi.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here