Sumber Makanan Penambah Hormon Testosteron

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hormon testosteron merupakan hormon penting yang dimiliki pria karena fungsi hormon tersebut sangat berpengaruh kepada kejantanan seorang pria seperti ketahanan tingkat energi, libido, pembentukan massa otot dan karakteristik seks sekunder saat puber. Menurut seorang ahli menjelaskan bahwa hormon testosteron memiliki pengaruh besar dalam kehidupan seksual dan daya tarik seeorang pria.

Seiring bertambahnya usia hormon tersebut akan mengalami penurunan sekitar 1% setiap tahunnya. Akan tetapi hal tersebut dapat terjadi pula pada pria diusia muda karena beberapa faktor penyebab seperti metode pengobatan dan penyakit tertentu (obesitas, HIV/AIDS, sampai cedera kepala.

Penurunan hormon testosteron pada pria memang bukan suatu hal yang membahayakan, akan tetapi sangat berpengaruh kepada kehidupannya. Untuk mengatasinya anda dapat melakukan beberapa upaya salah satunya dengan mengkonsumsi makanan berikut ini :

  1. Jahe

Menurut sebuah penelitian menunjukan bahwa jahe bermanfaat untuk meningkatkan kadar hormon testosteron sekitar 17,7% pada pria yang memiliki masalah kesuburan dalam waktu 3 bulan.

  1. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan seperti kacang almond, kenari, dan lainnya dapat kamu jadikan sebagai cemilan sehat untuk membantu meningkatkan hormon testosteron. Menurut para ahli menyatakan apabila anda mengkonsumsinya secara rutin maka produksi hormon tersebut dapat berjalan secara optimal.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan nutrisi berupa chain triglyceride. Kandungan tersebut dapat membantu sistem limfatik saat proses pencernaan terjadi. Hal ini terjadi karena lemak pada minyak kelapa di oksidasi secara singkat dan di ubah menjadi energi. Peningkatan energi dapat membuat daya tahan lebih panjang serta hormon testosteron lebih tinggi.

  1. Daging merah

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School menunjukan bahwa daging merah memiliki kandungan zat besi yang dapat membantu meningkatkan hormon testosteron pada pria. Contoh daging merah seperti ikan tuna, daging kambing, dan daging sapi.

  1. Buah delima

Hasil penelitian yang dilakukan oleh European Journal of Sport Science menjelaskan bahwa buah delima dapat berpengaruh pada penyakit impoten. Selain itu hasil penelitian tersebut menjelaskan bahwa mengkonsumsi jus buah delima secara rutin dapat meningkatkan hormon testosteron sekitar 47% pada pria.

  1. Minyak zaitun ekstra virgin

Minyak zaitun ekstra virgin memiliki kandungan lemak tak jenuh dan vitamin E yang dikenal sebagai antioksidan. Kandungan tersebut terbukti dapat meningkatkan hormon pelutein yang menstimulasikan sel-sel dalam testis untuk memproduksi hormon testosteron.

  1. Buah alpukat

Menurut seorang ahli yang berasa dali Penn State University menjelaskan bahwa kadar hormon testosteron dapat dipengaruhi oleh lemak tak jenuh sehingga untuk meningkatkan hormon testosteron maka kandungan lemak tak jenuh dalam tubuh juga harus tinggi. Salah satunya anda dapat mengkonsumsi alpukat untuk meningkatkan hormon testosteron.

  1. Tiram

Tiram memiliki kandungan zinc yang berperan penting bagi kesehatan sperma dan fungsi reproduksi pria. Kedua hal tersebut dipengaruhi oleh hormon testosteron.

  1. Kuning telor
  2. Susu rendah lemak
  3. Sereal. (KMY)

Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here