Sumber Makanan untuk Darah Rendah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Orang dikatakan mengalami tekanan darah rendah jika tekanan sistolik (angka atas dalam pembacaan tekanan darah) kurang dari 90 mmHg atau nilai tekanan diastolik (angka bawah dalam pembacaan tekanan darah) kurang dari 60 mmHg. Tekanan darah rendah bisa menyebabkan gejala pusing hingga pingsan yang memicu kerusakan jantung, endokrin atau gangguan saraf. Anda bisa memilih cara yang alami yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat. Berikut sumber makanan untuk darah rendah:

  1. Sayuran

Beberapa sayur yang memiliki manfaat sebagai penambah darah, diantara yaitu sayur bayam, lobak, sawi, brokoli, kol, kacang panjang, kacang polong, daun singkong, kentang dan ubi.

  1. Buah-buahan

Banyak makanan untuk darah rendah yang berasal dari buah-buahan, seperti buah apel, pisang, mangga, tomat, jeruk, jambu biji, anggur, alpukat, cherry, sirsak, kiwi, tebu, delima, kesemek. Di antara buah-buahan yang ada, disarankan juga agar mengonsumsi buah kurma dan strawberry. Buah kurma dapat mengatasi gejala tekanan darah rendah. Sementara buah Strawberry banyak mengandung zat besi, antioksidan, dan vitamin, rendah lemak dan tinggi serat yang bermanfaat untuk penambah darah.

  1. Roti Gandum

Makanan yang dibuat dari bahan dasar gandum mengandung zat besi yang mampu memperbanyak produksi sel darah merah dan dapat menguatkan pembuluh darah. Sehingga, konsumsi makanan berbahan dasar gandum seperti roti dan sereal dapat membantu meningkatkan tekanan darah.

  1. Susu dan Kacang Almond

Kombinasi susu dan kacang almond dapat membantu mengendalikan tekanan darah rendah dengan bekerja pada kelenjar adrenal dalam tubuh Anda. Untuk hasil yang maksimal, Anda perlu merendam kurang lebih 4-5 kacang almond dan diamkan semalamam. Keesokan paginya, Anda kupas kulitnya dan tumbuk hingga halus. Kemudian, tambahkan bubuk almond pada secangkir susu hangat dan nikmati setiap pagi selama beberapa minggu untuk meningkatkan tekanan darah Anda.

  1. Daging

Daging merah kaya akan protein hewani dan banyak mengandung zat besi (Fe), protein dan mineral lainya. Konsumsi daging rendah lemak dengan menu diet yang seimbang akan diperlukan tubuh. Protein juga diperlukan untuk menyusun sel-sel darah merah. Untuk kesehatan tubuh, hindarkan konsumsi daging berlebih karena akan meningkatkan risiko cardiovaskuler.

  1. Ikan

Ikan mengandung asam lemak Omega-3. Pada telur ikan mengandung nutrisi protein, karbohidrat, dan zat besi. Ikan Salmon, sebagai contohnya, bermanfaat untuk menambah darah karena selain mengandung Omega-3 juga mengandung Vitamin B-12 untuk pembentukan sel-sel darah.

  1. Kerang

Kerang memiliki kandungan zat besi yang tinggi, phosphor, kalium, seng, tembaga, mangaan, dan selenium. Kerang efektif untuk penambah sel-sel darah. Hati-hati pada penderita alergi seafood.

  1. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa yang juga mampu menstabilkan tekanan darah serta bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk hasil yang maksimal,  Anda cukup memakan 2 siung bawang putih mentah pada malam hari atau 1 jam sebelum tidur. Cara lain mengonsumsi makanan untuk darah rendah tersebut adalah dengan menambahkannya beberapa siung bawang putih pada masakan Anda. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here