Sumber Penyebab Masalah Keracunan Makanan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Keracunan makanan merupakan masalah yang cukup serius dan harus ditangani bersama. Kasus ini dapat terjadi secara sengaja ataupun tidak disengaja. Sebelum membahas lebih lanjut, menurut Volk dan Brown bidang Mikrobiologi terdapat empat kategori umum keracunan makanan yaitu :

  1. Keracunan makanan akibat menelan toksin (racun) yang diproduksi bakteri selama di dalam makanan
  2. Keracunan makanan karena menelan bakteri non-invasive yang mensekresikan toksin di dalam usus
  3. Keracunan makanan mengikuti invasi bakteri intraseluler dari sel epitel usus
  4. Penyakit disebabkan oleh bakteri yang masuk aliran darah melalui usus

Pada umumnya, terdapat empat kategori yang dikelompokkan sebagai penyebab terbesar keracunan makanan antara lain yaitu:

  1. Bakteri, merupakan mikroorganisme yang sering menyebabkan keracunan makanan dan dibedakan menjadi:
  • Bacterial Infection, bakteri patogen yang masuk kedalam tubuh, menetap dan berkembang.
  • Bacterial Intoxications yaitu mengkonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi oleh toksin bakteri.
  1. Parasit, merupakan hewan renik yang dapat menurunkan produktivitas hewan yang ditumpanginya atau makhluk hidup yang hidupnya bergantung pada makhluk hidup lainnya. Seperti Jamur atau kapang.
  2. Virus, adalah hewan yang terinfeksi atau penularannya dari satu orang ke orang lainnya melalui makanan. Terdapat dua jenis virus yang umum dapat mengontaminasi makanan yaitu Norovirus (virus yang menyebabkan muntah-muntah dan diare) dan Rotavirus (virus yang umumnya menimpa anak-anak melalui makanan mentah dan makanan cepat saji).
  3. Racun, merupakan zat atau senyawa yang masuk kedalam tubuh dengan berbagai cara yang menghambat respons pada sistem biologis menyebabkan gangguan kesehatan, penyakit hingga kematian. Beberapa diantaranya adalah racun yang diproduksi oleh bakteri dalam makanan yang dihasilkan oleh tanaman atau hewan.

Berbagai sumber penyebab keracunan makanan yang harus anda perhatikan selain empat kategori diatas dan harus diwaspadai yaitu :

  1. Makanan yang terkontaminasi akibat kurang dibersihkan dengan baik.
  2. Makanan yang mengandung bahan kimia, seperti merkuri, pestisida, polychlorinated biphenyls dan timah.
  3. Makanan yang sudah kadaluwarsa tetapi sengaja diedarkan dipasaran dan jauh dari pengawasan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).
  4. Pengolahan makanan yang salah, seperti tidak dimasak matang, tidak menggunakan air bersih, kesalahan memasak pada saat menghangatkan makanan dan sumber olahan makanan yang telah terkontaminasi racun.
  5. Terjadi kontaminasi silang pada makanan dari satu makanan ke makanan lain.
  6. Makanan tidak disimpan di suhu yang tepat sehingga organisme yang ada didalam makanan dapat hidup dan berkembang biak atau membiarkan makanan siap saji pada suhu yang baik bagi pertumbuhan bakteri.

Faktor pendukung terjadinya keracunan makanan yang sering kita anggap remeh yaitu membiarkan membeli makanan dipinggir jalan dan terpapar oleh debu serta hewan yang menyebabkan penyakit, membiarkan membeli makanan yang kita sudah tahu pengolahannya yang tidak hiegenis, membiarkan kita membeli makanan yang bakteri dapat berkembangbiak dengan cepat dilihat dari suhu, waktu, oksigen dan kemasan makanan atau minuman serta membiarkan makanan yang kita tahu diolah kembali dan dimasak berulang-ulang.

Itulah beberapa sumber penyebab keracunan makanan diatas yang dapat anda pelajari sebagai tindakan pencegahan, agar terhindar dari dampak bahaya penyakit yang lebih besar. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here