Sumber Protein Untuk Pembentukan Massa Otot

SehatFresh.com – Tubuh ideal merupakan dambaan setiap orang. Bagi pria, tubuh yang ideal digambarkan dengan sosok atletis dengan otot tubuh yang kekar, padat dan berisi. Hal ini juga menambah daya tarik pria di mata wanita. Selain untuk penampilan, pembentukan massa otot juga kerapkali menjadi upaya perlindungan diri dari hal-hal yang menuntut kekuatan fisik. Banyak pria yang berjuang untuk mendapat bentuk badan yang bagus untuk menunjang penampilan yang gagah. Untuk membentuk otot tubuhnya, cara yang paling efektif adalah dengan latihan di gym secara rutin dengan bantuan trainer. Namun, fitness saja tidak akan cukup efektif jika tidak ditunjang dengan pola makan yang baik.

Untuk pembentukan dan pertumbuhan masa otot, jumlah kalori yang dikonsumsi dilebihkan sekitar 500-1000 kkal/hari. Namun, perlu diingat bahwa penambahan energi ini bukan berarti Anda boleh makan seenaknya karena kelebihan energi dari makanan tinggi lemak akan meningkatkan risiko peningkatan massa lemak melebihi massa otot.

Selain karbohidrat sebagai sumber energi utama, protein menjadi nutrisi wajib bagi mereka yang ingin menambah massa otot. Pasalnya, protein berperan penting dalam sintesa enzim dan hormon yang pembentukan massa otot. Sumber protein dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan tidak hanya bersumber dari susu, putih telur atau daging ayam. Bila Anda seorang vegetarian, penuhi kebutuhan protein dengan konsumsi kacang-kacangan maupun biji-bijian dan makanan olahan seperti tahu dan tempe. Susu kedelai juga dapat menjadi pilihan tepat bagi untuk memenuhi kebutuhan protein.

Konsumsi makanan yang kaya karbohidrat dan jumlah protein yang seimbang akan membantu peningkatan massa otot melalui produksi hormon anabolik, menurunkan pemecahan protein dan memasok asam amino untuk sintesa protein. Perlu diingat, konsumsi protein yang berlebihan tidak memberikan efek anabolik atau pembentukan massa otot karena protein yang berlebih tersebut akan dioksidasi sebagai sumber energi dan hanya menyebabkan peningkatan massa lemak.

Bagaimana dengan suplemen?

Ketika latihan di gym, mungkin Anda juga ditawari suplemen untuk percepat pembentukan massa otot. Suplemen protein merupakan salah satu tambahan produk diet yang berasal dari ekstrak protein. Penggunaan suplemen protein ini awalnya sebagian besar digunakan oleh para atlet professional dalam pengawasan dokter ahli. Kini, banyak sekali ditawarkan suplemen yang mengandung tinggi asam amino dengan berbagai klaim produsennya. Alangkah baiknya sebelum mengonsumsi suatu suplemen, sebaiknya ditanyakan dahulu pada ahlinya. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan ahli gizi atau dokter guna mengetahui manfaat dan efek samping suplemen yang akan Anda konsumsi.

Sumber gambar : www.youtube.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY