Suntik Epidural

SehatFresh.com – Suntik epidural adalah metode penghilang rasa sakit yang umum digunakan untuk persalinan. Ini digunakan untuk menghilangkan nyeri selama persalinan baik itu persalinan per vaginam ataupun operasi caesar. Obat bius yang disuntikkan bekerja secara lokal ke dalam ruang di epidural (berada di luar lapisan yang menutupi sumsum tulang belakang).

Obat-obat yang digunakan adalah anestesi lokal yang bekerja hanya pada area suntikan. Ada beberapa obat yang dapat digunakan dalam metode ini, dengan cara kerja dan risiko efek samping yang berbeda-beda. Dosis anestesi yang digunakan tergantung pada tahapan persalinan. Selama tahap pertama persalinan, dosis obat yang lebih kecil digunakan hanya untuk menghilangkan rasa sakit. Pada bagian akhir dari tahap kedua, terutama ketika operasi mungkin diperlukan, dosis lebih digunakan untuk memberikan efek anestesi.

Anestesi epidural dapat ditempatkan di manapun sepanjang tulang belakang. Suntikan bisa ditempatkan baik di daerah lumbal (wilayah punggung bawah) untuk memblokir rasa sakit kontraksi rahim dan pelebaran leher rahim, atau di sakral dan area caudal untuk memblokir rasa sakit akibat peregangan jaringan dasar panggul. Suntik epidural dinilai efektif dan aman untuk ibu dan bayi. Selain itu, metode ini juga memberi bantuan total terhadap rasa sakit tanpa mengubah kesadaran dan orientasi.

Pada kasus tertentu, seorang wanita hamil harus menerima anestesi epidural untuk alasan medis atau obstetrik. Ini termasuk wanita dengan potensi masalah seperti memiliki penyakit jantung atau paru-paru, menjalani pengobatan hyperreflexia otonom pada wanita dengan cedera tulang belakang dan preeklamsia. Di sisi lain, beberapa wanita tidak boleh menerima anestesi epidural karena masalah kesehatan seperti tumor otak, penggumpalan darah di otak, infeksi di area penempatan jarum dan memiliki gangguan perdarahan (atau minum obat antikoagulan), tekanan darah rendah atau kandungan air tubuh yang rendah.

Tanyakan pada dokter mengenai jenis dan dosis yang akan diberikan pada Anda. Tanyakan juga efek samping yang mungkin terjadi pada Anda dan bayi,  mengingat kondisi kesehatan setiap orang berbeda-beda. Dalam kebanyakan kasus, epidural efektif untuk menghilangkan rasa sakit pada saat proses melahirkan. Akan tetapi, ada juga beberapa yang mengeluh bahwa sebagian tubuh tetap terasa sakit. Untuk itu, pastikan Anda ditangani oleh tenaga profesional supaya Anda dan keluarga merasa lebih tenang menghadapi proses persalinan sang buah hati.

Sumber gambar : pama.karangkraf.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY