Susu Alternatif Jika Balita Alergi Susu Sapi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Air susu ibu merupakan asupan terbaik bagi bayi dalam dua tahun pertama. Hanya saja tidak semua ibu bisa memberikan ASI ekslusif kepada bayi akibat berbagai kendala. Alhasil orangtua harus mencari alternatif lain untuk bayi sebagai pengganti ASI.

Umumnya asupan yang digunakan sebagai pengganti ASI adalah susu formula. Orangtua dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli medis, terkait pemberian susu formula yang cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

Susu formula memiliki berbagai jenis. Ada yang terbuat dari susu sapi dan ada pula yang terbuat dari kedelai. Kenyataannya tidak semua bayi cocok mengkonsumsi susu sapi. Dalam beberapa kasus ada bayi yang alergi ketika setelah meminum susu sapi, sehingga menimbulkan gatal-gatal.

Alergi susu sapi adalah situasi saat sistem kekebalan tubuh bayi mempunyai respons yang tidak normal terhadap protein yang dikandung pada susu. Bayi yang biasanya alergi terhadap susu sapi akan menunjukkan gejala-gejala tak normal.

Tanda-tanda alergi susu sapi bayi sapi bisa berupa gatal-gatal pada kulit, ruam pada kulit, hingga gangguan pernapasan seperti asma. Bila bayi mengalami alergi susu sapi, maka harus diberi sumber protein lain yang mempunyai kualitas sejajar dengan protein yang dihasilkan susu sapi.

Terdapat berbagai alternatif produk susu yang bisa dipilih orangtua sebagai pengganti susu sapi. Meski demikian orangtua harus kembali berkonsultasi dengan dokter, agar bayi mendapatkan nutrisi yang sesuai. Berikut ini susu alternatif yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti susu sapi.

Susu formula terhidrolisis parsial

Bayi dapat diberikan susu formula terhidrolisis parsial. Protein yang terdapat pada susu ini didapat melalui proses hidrolisis parsial. Dalam hal ini susu diproses, namun disisakan sebagian protein susu yang mengakibatkan alergi.

Tujuan proses hidrolisis parsial adalah supaya tubuh bayi bisa beradaptasi dengan zat tersebut. Alhasil ketika bayi meminum susu tidak muncul reaksi alergi pada tubuh. Susu ini dapat diberikan pada bayi yang belum muncul manifestasi alergi akibat susu sapi.

Susu formula terhidrolisis sempurna

Bayi juga dapat diberikan susu formula terhidrolisis sempurna. Protein yang terdapat pada susu ini mendapatkan proses hidrolisis ekstensif. Dalam proses tersebut susu sama sekali tidak mengandung alergen. Susu jenis ini bisa diberikan untuk bayi yang sudah dengan manifestasi alergi.

Susu formula soya

Susu formula soya juga bisa menjadi alternatif bagi bayi yang sangat alergi terhadap susu sapi, namun tidak memiliki alergi dengan kacang kedelai. Susu formula jenis ini dibuat dari bahan dasar isolat protein soya.

Biasanya susu formula berbahan dasar soya ini menjadi pilihan utama orangtua, setelah mengetahui buah hatinya alergi terhadap susu sapi. Selain memiliki rasa yang enak, susu jenis ini juga memiliki harga yang lebih murah. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here