Susu Lebih Efektif dalam Meredakan Rasa Pedas di Mulut

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak orang Indonesia menyukai makanan pedas. Banyak dari mereka yang merasa makan kurang nikmat kalau tidak ditemani sambal yang pedas. Rasa pedas memang dapat meningkatkan selera makan sehingga wajar saja bila membuat orang ketagihan. Walaupun makan menjadi terasa nikmat, makan makanan pedas juga terkadang menyebalkan karena lidah pastinya akan terasa seperti terbakar. Nah, untuk mengatasinya, jangan langsung meminum air putih. Ternyata air putih tak cukup untuk menghilangkan rasa pedas dengan cepat. Susu lebih efektif dalam meredakan rasa pedas di mulut dengan cepat.

Semua makanan pedas umumnya berbumbu cabai. Dalam cabai itulah terkandung suatu zat yang disebut kapsaisin yang membuat cabai terasa pedas. Sebagai salah satu panca indera, lidah yang berfungsi sebagai pengecap rasa memiliki reseptor yang sangat banyak. Reseptor-reseptor tersebut tersebar di permukaan lidah dalam bentuk bintil-bintil yang disebut papila. Di dalam papilla terdapat banyak neuron yang tugasnya mengirimkan sinyal temperatur dan rasa sakit ke otak.

Di dalam mulut, kapsaisin akan mengenai reseptor saraf yang merasakan nyeri di area lidah. Reseptor ini disebut reseptor TRPV1. Reseptor tersebut akan mengirimkan isyarat ke otak dan akhirnya membuat Anda merasakan sensasi terbakar pada lidah karena kepedasan. Karena kapsaisin termasuk ke dalam molekul non-polar, sensasi kepedasan hanya akan mereda jika zat tersebut larut dalam zat non-polar lain. Akan tetapi, karena air termasuk ke dalam zat polar, maka minum air putih tidak dapat menghilangkan rasa pedas dengan cepat. Justru air putih membuat rasa pedas semakin meluas ke seluruh bagian mulut. Lain halnya dengan susu, minuman ini merupakan zat non-polar.

Kandungan protein dalam susu yang disebut kasein, dapat memecah ikatan kapsaisin sehingga dapat dengan cepat menetralkan rasa pedas di mulut. Selain susu, yoghurt juga dapat menjadi penyelamat ketika mulut kepedasan. Setelah makan pedas, temperatur tubuh akan meningkat dan bila tidak segera dinetralkan dapat mengganggu fungsi pencernaan dan meningkatkan produksi asam lambung. Dalam hal ini, yoghurt sebagai produk turunan dari susu membantu dengan cepat menurunkan suhu pencernaan. Sebagai bonus, kandungan probiotik dalam yoghurt membantu menjaga fungsi pencernaan tetap sehat.

Meskipun susu dapat dengan cepat meredakan pedas dan cabai sendiri bermanfaat karena mengandung vitamin C, konsumsi makan pedas berlebihan tetap tidak dibenarkan karena lama kelamaan kesehatan pencernaan semakin dirugikan. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here