SYPHILIS

DEFINISI
Syphilis adalah infeksi bakteri yang biasanya ditularkan melalui kontak seksual. Penyakit dimulai dengan rasa sakit yang biasanya pada alat kelamin, dubur, atau mulut Anda. Sifilis menyebar dari orang ke orang melalui kulit atau kontak selaput lendir dengan bisul ini.

Setelah infeksi awal, bakteri sifilis dapat berdiam dalam tubuh Anda selama beberapa dekade sebelum aktif kembali. Sifilis yang diketahui lebih awal dapat disembuhkan, kadang-kadang dengan satu injeksi penisilin. Namun tanpa perawatan, sifilis dapat sangat merusak jantung, otak atau organ lain, dan dapat mengancam kehidupan.

Penyakit Sifilis di Amerika Serikat telah menurun antara wanita sejak 2010, tetapi meningkat pada pria, terutama orang-orang yang berhubungan seks dengan pria. Luka kelamin yang terkait dengan sifilis dapat membuatnya lebih mudah untuk terinfeksi HIV, virus yang menyebabkan AIDS.

GEJALA
Sifilis berkembang secara bertahap, dan gejala bervariasi di setiap tahap. Tetapi setiap tahap dapat tumpang tindih, dan gejala tidak selalu terjadi dalam urutan yang sama. Anda mungkin terinfeksi dengan sifilis dan tidak memiliki gejala selama bertahun-tahun.

Sifilis primer
Tanda pertama syphilis adalah sakit kecil, yang disebut luka. Sakit muncul pada tempat dimana bakteri memasuki tubuh. Sementara kebanyakan orang yang terinfeksi dengan sifilis hanya mengembangkan satu luka, beberapa orang mengembangkan beberapa. Luka biasanya berkembang sekitar tiga minggu setelah terpapar. Banyak orang yang memiliki sifilis tidak melihat luka karena biasanya menyakitkan, dan ini mungkin tersembunyi dalam vagina atau rektum. Luka akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu enam minggu.

Sifilis sekunder
Dalam beberapa minggu penyembuhan luka asli, Anda mungkin mengalami ruam yang mulai di bagian belakang Anda tetapi akhirnya meliputi seluruh tubuh Anda, bahkan telapak tangan dan telapak kaki. Ruam ini biasanya tidak gatal dan bisa disertai dengan kutil seperti luka di mulut atau daerah genital. Beberapa orang juga mengalami nyeri otot, demam, sakit tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Tanda-tanda dan gejala ini mungkin hilang dalam beberapa minggu atau berulang dan pergi selama satu tahun.

Sifilis laten
Jika Anda tidak diobati, penyakit bergerak dari tahap sekunder ke tahap laten (tersembunyi), ketika Anda tidak memiliki gejala. Tahap laten bisa bertahan selama bertahun-tahun. Tanda dan gejala mungkin tidak kembali, atau penyakit dapat maju ke tahap (ketiga) tersier.

Sifilis tersier
Sekitar 15 sampai 30 persen dari orang-orang yang terinfeksi dengan sifilis yang tidak mendapatkan perawatan akan mengembangkan komplikasi yang dikenal sebagai sifilis tersier. Pada tahap akhir, penyakit dapat merusak otak, syaraf, mata, jantung, pembuluh darah, hati, tulang dan sendi. Masalah ini dapat terjadi bertahun-tahun setelah infeksi asli, tidak diobati.

Sifilis bawaan
Bayi lahir dari wanita yang memiliki sifilis dapat terjangkit melalui plasenta atau selama kelahiran. Kebanyakan bayi dengan sifilis bawaan tidak memiliki gejala, meskipun beberapa mengalami ruam pada telapak tangan dan telapak kaki mereka. Kemudian gejala mungkin termasuk tuli, deformitas gigi dan pelana hidung dimana jembatan hidung runtuh.

Kapan Anda harusn menemui dokter
Segera hubungi dokter jika Anda atau anak Anda mengalami setiap debit yang tidak biasa, sakit atau ruam terutama jika hal ini terjadi di daerah selangkangan.

PENYEBAB
Penyebab sifilis adalah bakteri yang disebut Treponema pallidum. Rute penularanyang paling umum adalah melalui kontak dengan orang yang terinfeksi sakit selama aktivitas seksual. Bakteri memasuki tubuh melalui luka atau lecet di kulit atau selaput lendir. Sifilis menular selama tahap primer dan sekunder, dan kadang-kadang pada awal periode laten.

Hal yang jarang terjadi dimana sifilis dapat menyebar melalui kontak dekat yang tidak terlindungi langsung dengan lesi aktif (seperti selama berciuman) atau melalui ibu yang terinfeksi kepada bayinya selama kehamilan atau persalinan (sipilis bawaan).

Sifilis tidak dapat menyebar dengan menggunakan toilet, bak mandi, pakaian atau peralatan makan, atau dari gagang pintu, Kolam renang atau Jacuzzi yang sama. Setelah sembuh, sifilis tidak terjadi lagi. Namun, Anda dapat terinfeksi kembali jika Anda memiliki kontak dengan seseorang pengidap sifilis.

FAKTOR RESIKO
Anda memiliki peningkatan risiko memperoleh sifilis jika Anda:

  • Terlibat dalam hubungan seks bebas
  • Berhubungan seks dengan beberapa mitra
  • Seks sesame jenis, seperti seorang pria yang berhubungan seks dengan pria
  • Terinfeksi HIV, virus yang menyebabkan AIDS

KOMPLIKASI
Tanpa perawatan, sifilis dapat menyebabkan kerusakan seluruh tubuh. Sifilis juga meningkatkan risiko infeksi HIV dan, untuk perempuan, dapat menyebabkan masalah selama kehamilan. Pengobatan dapat membantu mencegah kerusakan masa depan tetapi tidak dapat memperbaiki atau membalikkan kerusakan yang telah terjadi.

Benjolan kecil atau tumor
Kondisi ini disebut gummas, benjolan ini dapat berkembang pada kulit, tulang, jantung, atau organ lain dalam tahap akhir sifilis. Gummas biasanya menghilang setelah pengobatan dengan antibiotik.

Masalah-masalah neurologis
Sifilis dapat menyebabkan beberapa masalah dengan sistem saraf Anda, termasuk:

  • Stroke
  • Meningitis
  • Tuli
  • Masalah penglihatan
  • Demensia

Masalah kardiovaskular
Ini mungkin termasuk otak menggembung (aneurisma) dan peradangan aorta yaitu arteri utama tubuh Anda dan pembuluh darah lainnya. Sifilis juga dapat merusak katup jantung.

Infeksi HIV
Orang dewasa yang memiliki sifilis menular seksual atau ulkus kelamin lainnya memiliki perkiraan dua samapai lima kali lipat peningkatan risiko tertular HIV. Sakit akibat sifilis dapat mudah berdarah, menyediakan cara yang mudah untuk HIV untuk memasuki aliran darah Anda saat melakukan aktivitas seksual.

Komplikasi kehamilan dan persalinan
Jika Anda hamil, Anda dapat melewati sifilis pada bayi dalam kandungan Anda. Sifilis bawaan sangat meningkatkan risiko keguguran, kematian bayi saat melahirkan atau kematian bayi beberapa hari setelah kelahiran.

TES DAN DIAGNOSIS
Sifilis dapat didiagnosis dengan menguji sampel:

  • Darah. Tes darah dapat mengkonfirmasi kehadiran antibodi yang menghasilkan tubuh untuk melawan infeksi. Antibodi terhadap bakteri yang menyebabkan sifilis tetap dalam tubuh Anda selama bertahun-tahun, jadi tes dapat digunakan untuk menentukan infeksi saat ini atau masa lalu.
  • Cairan dari luka. Dokter Anda mungkin mengikis contoh kecil dari sel-sel dari bagian yang sakit yang dapat dianalisa dengan mikroskop di laboratorium. Tes ini dapat dilakukan hanya selama sifilis primer atau sekunder, ketika luka hadir. Goresan dapat mengungkapkan adanya bakteri yang menyebabkan sifilis.
  • Cairan tulang belakang serebral. Jika Anda diduga memiliki komplikasi syphilis sistem saraf, dokter mungkin juga menyarankan mengumpulkan sampel dari cairan serebrospinal melalui prosedur yang disebut pungsi lumbal (spinal tap).

Melalui Centers for Disease Control dan pencegahan, Departemen kesehatan setempat Anda menawarkan layanan mitra, yang akan membantu Anda memberitahu pasangan seksual Anda bahwa mereka mungkin terinfeksi. Dengan cara itu, mitra Anda dapat diuji dan dirawat dan penyebaran sifilis dapat dibatasi.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Ketika didiagnosis dan diobati dalam tahap awal, sifilis sangat mudah untuk disembuhkan. Pilihan pengobatan di setiap tahap adalah penisilin, obat antibiotik yang dapat membunuh organisme yang menyebabkan sifilis. Jika Anda alergi terhadap penisilin, dokter Anda akan menyarankan antibiotik lain. Satu injeksi penisilin dapat menghentikan penyakit maju jika Anda telah terinfeksi selama kurang dari satu tahun. Jika Anda sudah memiliki sifilis selama lebih dari setahun, Anda mungkin perlu dosis tambahan.

Penisilin adalah satu-satunya pengobatan yang dianjurkan untuk wanita hamil. Wanita yang alergi terhadap penisilin dapat mengalami proses desensitisasi yang memungkinkan mereka untuk mengambil penisilin. Bahkan jika Anda dirawat untuk sifilis selama masa kehamilan, anak yang baru lahir juga harus menerima pengobatan antibiotik. Hari pertama Anda menerima pengobatan Anda mungkin mengalami reaksi Jarisch-Herxheimer. Tanda dan gejala termasuk demam, menggigil, mual, nyeri pegal dan sakit kepala. Reaksi ini biasanya tidak berlangsung lebih dari satu hari.

Perawatan Tindak lanjut
Setelah Anda dirawat untuk sifilis, dokter akan meminta Anda untuk:

  • Tes darah periodic dan tes untuk memastikan bahwa Anda menanggapi dosis penisilin
  • Hindari kontak seksual sampai perawatan selesai dan tes darah menunjukkan bahwa infeksi telah sembuh
  • Memberitahu pasangan seks Anda sehingga mereka dapat diuji dan mendapatkan pengobatan jika diperlukan
  • Tes untuk infeksi HIV

PENCEGAHAN
Untuk membantu mencegah penyebaran sifilis, ikuti saran ini:

  • Menjauhkan diri atau menjadi monogami. Satu-satunya cara tertentu untuk menghindari sifilis akan melupakan hubungan seks. Pilihan terbaik berikutnya adalah untuk memiliki monogami dengan salah satu pasangan yang tidak terinfeksi.
  • Menggunakan kondom lateks. Kondom dapat mengurangi risiko tertular sifilis, tetapi hanya jika kondom menutupi luka sifilis.
  • Hindari obat-obatan rekreasi. Penggunaan alkohol berlebihan atau narkoba lain dapat mempengaruhi penilaian Anda dan menyebabkan praktek-praktek seksual yang tidak aman.

Skrining untuk wanita hamil
Orang dapat terinfeksi dengan sifilis dan tidak mengetahuinya. Melihat efek yang sering kali mematikan dapat terjadi pada anak yang baru lahir, mentri kesehatan merekomendasikan bahwa semua wanita hamil harus disaring untuk penyakit ini.