Tahapan Pertumbuhan Payudara Remaja Putri

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pubertas adalah hal yang dialami oleh semua remaja perempuan normal. Dimulai dengan adanya perubahan fisik seperti pertumbuhan payudara, pertumbuhan rambut kemaluan, terbentuknya pinggul dan menstruasi.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan ketika menjelang masa-masa pubertas. Ini perlu, sebab persiapan mental seorang remaja putri akan membuat masa- masa pubertas ini dijalani dengan lancar dan tidak was- was.

Pertumbuhan payudara menurut para ahli dibagi menjadi lima fase. Berikut ini adalah fase pertumbuhan pada payudara remaja putri:

  1. Tahap 1 (kurang dari 10 tahun)

Dalam fase ini, payudara belum terlihat. Yang terlihat menonjol hanyalah puting susu saja. Puting payudara ini nantinya akan berkembang seiring dengan bertambahnya usia remaja putri.

  1. Tahap 2 ( usia 8- 13 tahun)

Pada fase ini, payudara mulai tumbuh menguncup. Kuncup payudara bisa saja seperti benjolan yang tidak terlalu besar. Di fase ini, mungkin puting bisa terasa sakit namun hal ini adalah normal dan tidak perlu membuat khawatir danĀ berlangsung biasanya antara 2- 18 bulan.

  1. Tahap 3 (usia 12-14 tahun)

Pada fase ini, payudara akan semakin membesar. Biasanya terasa ketidaknyamanan pada remaja. Bisa jadi, remaja putri sedang mempersiapkan mentalnya untuk menghadapi fase ini. Tahap ini berlangsung sekitar 2-24 bulan. Pada tahapan ini, remaja putri disarankan memakai mini set ataupun bra kecil.

  1. Tahap 4 (12-15 tahun)

Payudara akan membentuk gundukan dan membesar. Bisa saja muncul garis merah muda dan tanda ini akan menghilang dengan sendirinya.

Pada fase ini adalah saat yang tepat untuk memakai bra. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi payudara dari cedera karena jika payudara terkena sesuatu, misalnya saat olahraga, maka payudara akan terasa sakit.

  1. Tahap 5 (usia 14-18 tahun)

Tahap yang terakhir untuk pertumbuhan payudara terjadi saat ini. Pada fase ini, payudara menjadi matang dan membulat.. Seorang remaja putri yang telah memilih ukuran bra sesuai ukuran payudara akan memiliki ukuran bra yang sama untuk seterusnya. Namun, ukuran payudara bisa berubah jika berat badan remaja putri berubah, demikian juga dengan kehamilan yang bisa menambah berat badan.

Hal lain yang perlu diketahui seputar payudara adalah saat menstruasi, payudara akan mengencang dan kadang terasa nyeri. Hal tersebut normal saja. Selain itu juga terkadang akan muncul benjolan kecil, namun tidak perlu khawatir apabila Anda sedang dalam masa menstruasi.

Demikian fakta mengenai fase- fase pertumbuhan payudara pada remaja putri. Sebaiknya sejak memasuki masa pubertas, remaja diberi pengetahuan mengenai hal tersebut sehingga mereka tidak panik dan kaget dengan perubahan bentuk tubuh dan hal lain seiring dengan masa pubertas mereka. (AYK)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY