Tahapan Pertumbuhan Usia Janin 3 Bulan Dalam Rahim

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tahukah Anda pada masa kehamilan 3 bulan bayi dalam kandungan Anda sudah mulai bisa mendengarkan suara dan resiko keguguran menurun jika dibandingkan masa kehamilan 2 bulan. Kehamilan 3 bulan ini menjadi masa yang tepat untuk Anda mendengarkan orang yang mengaji pada bayi Anda.

Selain perut, ada perubahan fisik lain seperti payudara menjadi lembut, pembuluh vena terlihat, peningkatan berat badan, stretch mark terlihat, kulit kering dan gatal dan garis gelap pada perut.

Pada awal masa kehamilan 3 bulan, bentuk janin usia 3 bulan dalam kandungan seukuran buah anggur, berat janin menjadi 23 gram dan panjang sekitar 7,4 cm.

Pertumbuhan janin usia 9 minggu

Ukuran bayi anda sudah sedikit lebih besar dari kacang. Kepala lebih tegak, dan leher lebih berkembang. Ketika dilakukan pemeriksaan USG, Anda mungkin akan melihat bagaimana bayi Anda bergerak, meskipun Anda belum merasakan pergerakannya. Rahim terus tumbuh dan Anda mungkin melihat penebalan pinggang.

Pertumbuhan janin usia 10 minggu

Janin Anda masih kecil tapi terlihat sudah seperti bayi. Lengan dan kaki lebih panjang dan bisa menekuk di siku dan lutut. Anda merasa lebih nyaman dengan pakaian yang lebih longgar. Anda dapat terus merasa lelah dan murung, tapi gejala ini tidak berlangsung lama lagi.

Pertumbuhan janin usia 11 minggu

Saat dokter menggunakan stetoskop, bisa mendengar suara “swooshing” yang cepat dari detak jantung. Alat kelamin bayi Anda berkembang, namun organ seksnya belum dapat ditentukan dengan USG. Anda mungkin memperhatikan bahwa rambut ,kuku tangan dan kuku kaki tumbuh lebih cepat.

Pertumbuhan janin usia 12 minggu

Semua bagian dari bayi anda sedang berkembang. Bayi Anda akan terus berkembang dan menjadi lebih besar dan lebih kuat selama sisa kehamilan Anda. Pada akhir minggu ini, kemungkinan keguguran turun drastis. Berat badan anda sudah meningkat. Cara menjaga kesehatan kehamilan usia 3 bulan:

  1. Istirahat cukup

Anda akan mulai merasa lelah, beristirahatlah sebanyak yang Anda bisa. Hindari tidur telentang dan tidur di sebelah kiri Anda. Anda mungkin ingin menggunakan bantal ibu hamil yang dirancang khusus untuk tidur nyaman.

  1. Makan dengan baik

Nikmati diet yang sehat dan seimbang, yang meliputi buah-buahan dan sayuran, telur, kacang-kacangan, daging, susu, biji-bijian, yogurt dan lain-lain. Diet Anda harus diperkaya dengan semua nutrisi penting seperti vitamin, lemak omega-3, kalsium dan serat.

  1. Menjaga kebersihan

Pastikan untuk menjaga kebersihan area genital Anda. Hati-hati dengan makanan yang menimbulkan risiko infeksi bakteri. Cuci buah dan sayuran secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran.

  1. Konsumsi suplemen

Konsumsi suplemen asam folat selama bulan ketiga karena penting untuk menghindari cacat lahir pada bayi. Jika dokter Anda telah meresepkan suplemen vitamin ibu hamil lainnya, Anda harus meminumnya juga.

  1. Kurangi asupan kafein

Terlalu banyak kafein seperti kopi dan teh meningkatkan risiko keguguran dan berat badan lahir rendah. Kopi juga membuat Anda tetap terjaga di malam hari sehingga Anda berpotensi mengalami insomnia.

  1. Tingkatkan komunikasi

Anda perlu berkomunikasi dengan pasangan dan keluarga Anda jika Anda mengalami stres. Juga, berbicara dengan dokter Anda tentang gejolak emosi, kurang tidur, ketakutan dan kecemasan, perasaan kesepian.

  1. Jangan merokok dan minum alcohol

Hindari nikotin dan alkohol selama bulan ketiga kehamilan karena ini dapat masuk ke janin Anda melalui aliran darah dan dapat menyebabkan keguguran. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here