Tahukah Anda Fungsi Jakun pada Pria?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Dalam bahasa Inggris, jakun itu disebut Adam’s Apple. Secara teknis, Adam’s Apple ini disebut ‘prominentia laryngea’. Jakun ini menjadi salah satu ciri yang mudah terlihat untuk membedakan antara pria dan wanita. Namun, apa fungsi sebenarnya dari jakun itu?

Mulut manusia dihubungkan ke saluran udara (trakea), yang terhubung ke paru-paru. Bagian pertama dari saluran udara disebut laring. Laring terbangun dari cartilage, material kokoh yang sama dengan yang membangun telinga dan ujung hidung. Sebagian dari cartilage menempel pada bagian depan tenggorokan dan disebut dengan jakun.

Jakun merupakan tonjolan di tenggorokan manusia yang terbuat dari tulang rawan. Area ini disebut tulang rawan tiroid karena berlokasi tepat di atas kelenjar tiroid. Pada pria, jakun ini umumnya menonjol di tengah-tengah leher depan, lantaran dia bertumbuh pesat saat memasuki masa pubertas.

Faktanya, sejak kita baru lahir jakun atau laring ini udah ada. Hanya, sebelum kita memasuki masa pubertas, jakun bentuknya kecil. Setelah memasuki masa pubertas, jakun bertambah besar dan melebar.

Fungsi jakun sendiri adalah:

  • Sebagai kotak suara
  • Memastikan makanan yang dimakan turun melalui pipa penelanan (esophagus – kerongkongan) dan bukan ke saluran udara

Jika Anda melihat seorang pria meneguk air, Anda bisa melihat jakunnya naik-turun bersamaan dengan setiap tegukan, membawa air itu menjauh dari saluran udara dan masuk ke kerongkongan menuju lambung.

Sebenarnya, baik pria dan wanita memiliki jakun. Logikanya, kalau wanita tidak memilikinya, dari mana mereka bisa mengeluarkan suara? Selain itu, pria dan wanita juga sama-sama memiliki tulang rawan tiroid, yang berarti memiliki jakun.

Ukuran jakun pria dan wanita juga kurang-lebih sama sampai masa pubertas tiba. Pada masa pubertas, tubuh anak laki-laki mulai memproduksi banyak hormon testosteron sehingga menyebabkan perubahan fisik di beberapa bagian tubuh, termasuk suara. Sebagai permulaan, laring seorang pria bisa tumbuh lebih besar.

Saat laring tumbuh, pita suara akan memanjang dan menebal. Rongga di dalam sinus, hidung, dan bagian belakang tenggorokan juga tumbuh lebih besar sehingga menciptakan lebih banyak ruang di wajah. Inilah yang disebut dengan tumbuh jakun.

Lalu, bagaimana dengan wanita? Bedanya, ketika seorang wanita memasuki masa pubertas, jakun tidak membesar dan melebar layaknya pria. Pembesaran jakun pada wanita hanya sekitar setengah kali lipat pelebaran jakun pria. Maka, umumnya  di lehernya wanita tidak ada tonjolan.

Tapi, bagaimana dengan sebagian leher wanita yang terlihat ada sedikit tonjolan mirip jakun? Pastinya, itu bukanlah pelebaran laring. Tapi, ada masalah pada kelenjar gondok atau tiroid wanita tersebut, seperti pembengkakan kelenjar gondok (tiroid) atau bisa juga karena ada kista di kelenjar tiroid itu. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here