Tahukah Anda Gizi dalam Ikan Lele?

0
3
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Halo Pembaca sehat, apakah Anda pecinta ikan lele? Atau kah Anda tidak doyan dengan ikan yang berpatil ini? Setidaknya perlu Anda tahu, sebenarnya apa saja yang terkandung dalam ikan lele.

Manfaat Ikan Lele?

Ikan lele dalam bahasa latinnya ialah Clarias. Ini merupakan jenis ikan air tawar yang banyak ditemukan di pasar. Ikan lele banyak digandrungi oleh semua kalangan. Ikan lele juga banyak dijual matang dalam kedai makanan penyet, warung tegal, dan sebainya. Manfaat ikan lele cukup baik bagi Anda, terutama bagi ibu hamil. Pertumbuhan janin ibu hamil akan cukup baik jika Anda mengkonsumsi lele. Terlebih harga lele memang cukup terjangkau. Ikan lele baik untuk kesehatan jantung karena merupakan sumber protein rendah lemak. Banyak sekali buku yang memberikan cara tentang budidaya ikan lele.

Apa Kandungan Gizi di dalam Ikan Lele?

  • Phospor. Kandungan phosphor yang ada di dalam ikan lele lebih tinggi dari telur. Padahal phosphor sangat berguna bagi metabolisme lemak dan pati, penunjang kesehatan gigi dan gusi, sintesis DNA, dan penyerapan kalsium bagi ibu hamil.
  • Sumber Protein. Ikan lele memiliki sumber protein hewani yang tinggi sekitar 20%. Protein ikan lele mengandung asam amino esensial lisin, metionin, dan leusin dengan kadar yang lebih tinggi disbanding susu dan daging. Leusin sangat dibutuhkan untuk anak dalam proses pertumbuhan. Leusin juga dibutuhkan untuk perombakan otot dan pengobatan penyakit herpes.
  • Kardiovaskuler. Perbandingan kalium dan natrium ikan lele ialah 24,5:1. Hal ini menunjukkan adanya kandungan yang baik bagi kesehatan kardio pembuluh darah. Jika perbandingan kalium lebih tinggi dari natrium maka kalium dapat berfungsi sebagai pengendalian tekanan darah, pembersih CO2, pemicu simpul syaraf, dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.
  • Omega 3. Kandungan gizi dalam ikan lele banyak mengandung omega 3 sehingga membantu perkembangan otak janin, penglihatan, dan saraf bayi. Omega 3 juga terbukti manjur dalam menurunkan tekanan darah tinggi, merawat kesehatan kulit, serta pembentukan cortese otak.
  • Vitamin B 12. Ikan lele kaya akan vitamin B 12 yang berfungsi sebagai pemecah makanan yang dikonsumsi menjadi energy. Sehingga dapat membantu daya tahan dan energy dalam tubuh.
  • Tidak Terdapat Merkuri. Bahaya akan merkuri karena ikan laut banyak terkandung merkuri, tapi tidak bagi ikan lele. Ikan lele hidup di air tawar sehingga bahaya merkuri dapat terhindarkan.

Bagaimana sobat sehat? Masih ragu untuk mengkonsumsi ikan lele? Artikel ini dapat Anda jadikan referensi bahwa ikan lele itu mengandung banyak gizi dan baik untuk kesehatan tubuh Anda. (MLS).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY