Tak Perlu Malu Untuk Cek Kesehatan Kelamin

SehatFresh.com РBagi pria dan wanita, prinsip yang sudah umum untuk menjaga kesehatan reproduksi adalah menjaga pola makan, berolahraga secara teratur, tidak merokok dan minum alkohol serta menerapkan perilaku seks aman. Akan tetapi, penting juga untuk menjalani pemeriksaan kesehatan seksual. Pada orang yang aktif berhubungan seksual, kesehatan alat kelamin harus menjadi perhatian kesehatan. Sayangnya, banyak orang enggan memeriksakan kesehatan reproduksi mereka karena malu. Padahal, pemeriksaan penting untuk mencari tahu keberadaan penyakit menular seksual (PMS).  Hal ini terutama sangat penting bila Anda mengalami kondisi di bawah ini :

  • Bila merasa mengalami gejala PMS
  • Bila sering melakukan praktek seks yang tak aman, seperti seks oral dan seks anal tanpa kondom
  • Bila pasangan memiliki pasangan seks lain
  • Bila Anda memiliki lebih dari satu pasangan seks
  • Bila Anda pernah berbagi jarum suntik
  • Bila Anda menjalin hubungan seks dengan orang baru

Melakukan pemeriksaan yang rutin dan menggunakan kondom adalah cara terbaik untuk menjaga diri dari PMS. Orang yang memiliki banyak pasangan atau yang memiliki satu pasangan yang memiliki banyak hubungan seksual di masa lalu, berada pada risiko lebih tinggi terhadap penyakit kelamin.

Klinik atau rumah sakit melakukan cara pemeriksaan penyakit kelamin yang berbeda pada setiap jenis penyakit. Cara terbaik adalah dengan berkonsultasi pada dengan dokter spesialis penyakit kelamin. Dokter akan merekomendasikan tes tergantung pada gejala dan apakah Anda termasuk ke dalam kelompok risiko tinggi untuk penyakit menular seksual. Pemeriksaan kesehatan seksual ini umumnya meliputi tes untuk penyakit menular seksual, pap smear (untuk wanita) dan disfungsi seksual, serta mendiskusikan kontrasepsi termasuk pilihan kontrasepsi jangka panjang.

Selama pemeriksaan kesehatan seksual, Anda mungkin akan diminta menjawab sejumlah pertanyaan secara rinci tentang kehidupan seksual Anda, seperti :

  • Berapa banyakpasangan seksual yang pernah Anda miliki?
  • Apa jenisaktivitas seksualyang sering dilakukan?
  • Apakah Andamemiliki gejalayang bisamenunjukkanmasalah kesehatanseksual ataureproduksi?

Memang, akan terasa tidak nyaman seperti yang berbagi informasi dengan seseorang yang belum dikenal dengan baik, tapi penting untuk menjawab pertanyaan dengan jujur, karena ini akan berpengaruh pada jenis tes atau saran yang akan diberikan pada Anda.

Dengan seizin Anda, praktisi kesehatan mungkin akan :

  • Memeriksaarea genitaleksternaluntuk tanda-tanda PMS
  • Meminta Andauntuk memberikansampel urinatautes darah
  • Untuk wanita, melakukanpemeriksaan vagina, sepertipap smear(swab pada leher rahim dari vagina untuk menguji tanda-tanda kanker serviks).

Pemeriksaan kesehatan seksual dapat menjadi tidak nyaman, canggung dan memalukan. Namun, ini sangat penting karena menyangkut kesehatan reproduksi Anda. Penting juga untuk memilih dokter atau praktisi kesehatan yang berkualitas.

Sumber gambar : jualobatherpesherbal.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY