Tanda Bayi Sudah Siap Mengonsumsi Bubur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Memberikan ASI eksklusif sangatlah penting, bayi hanya di berikan ASI sampai usia 6 bulan tanpa diberikan makanan pendamping. Kandungan gizi yang terdapat pada ASI sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Selain itu alesan bayi yang berumur < 6 bulan hanya diberi ASI bukan MPASI karena sistem pencernaan si kecil belum sempurna.

Saat bayi sudah berusia 6 bulan bunda sudah mempersiapkan kebutuhan makanan si kecil. Ada beberapa tanda bayi anda sudah boleh mengkonsumsi bubur, diantaranya :

  1. Bayi dapat menggerakan kepalannya

Pada umumnya bayi dapat menggerakan kepalanya apabila bayi berumur 4-5 bulan. Leher bayi menjadi kuat dan mampu menegakan kepalanya sendiri. Hal ini salah satu tanda pertimbangan yang harus dilakukan ibu untuk memberikan MPASI.

  1. Bayi akan membuka mulutnya lebar-lebar saat di dekatkan dengan sendok

Tanda yang kedua yaitu bayi mulai tertarik dengan sendok. Pada saat bunda mendekatkan sendok kepada mulut bayi dia akan membuka mulutnya lebar-lebar. Hal ini biasa terjadi pada usia 6 bulan.

  1. Bayi sudah mampu duduk di high chair

Tempat duduk yang biasa digunakan pada bayi saat makan atau yang disebut dengan high chair. Bunda bisa melatih dan memperkenalkan hal ini kepada anak seakan-akan makan di meja makan dan makan bersama keluarga.

  1. Bayi mulai tertarik dengan makanan yang dikonsumsi orang dewasa

Pada saat bayi siap mengkonsumsi bubur tandanya bayi mulai tertarik dengan jenis makanan yang kita konsumsi

  1. Adanya perubahan pola makan dan pola tidur

Bayi yang sudah siap menerima MPASI akan membutuhkan makanan dalam jumlah yang lebih banyak. Hal ini bisa mempengaruhi pola makan dan pola tidur anak.

Resiko apabila anak terlambat memperoleh MPASI yaitu anak akan mengalami oro-motorik pola makan anak akan terganggu atau kesulitan makan yang lebih parah. Selain itu bisa mengakibatkan anak kurang gizi. Banyak dampak apabila anak mengalami kurang gizi diantaranya gangguan pertumbuhan, gangguan kesehatan, stunting, wasting, dan resiko kematian anak.

Menyesuaikan nutrisi anak sangatlah penting karena nutrisi akan mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan si kecil. Klasifikasi nutrisi berdasarkan umur diantarnya:

  1. 4 – 6 bulan. Pada usia ini bayi diberikan ASI
  1. 6 – 8 bulan. Bayi berusia ini diberikan bubur atau sereal
  1. 8 – 10 bulan. Sebagian besar bayi pada usia ini diberikan bubur atau sereal
  1. 10 – 12 bulan. Bayi bisa diberikan makanan seperti orang dewasa hanya saja bayi diberikan dalam ukuran kecil. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here