Tanda Gejala Diabetes pada Wanita yang Perlu Diwaspadai

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui tanda dan gejala awal diabetes. Baik bagi yang berisiko tinggi maupun bagi yang merasa sehat dan tidak memiliki riwayat atau potensi mengidap diabetes. Jika banyak orang berpendapat bahwa penyakit diabetes hanya dialami oleh orang-orang yang sudah lanjut usia maka pendapat ini salah besar.

Pasalnya penyakit yang satu ini tidak mengenal usia karena dari yang muda sampai dengan orangtua sekalipun akan dapat mengalami penyakit yang serupa. Berikut tanda dan gejala diabetes yang perlu Anda waspadai:

  1. Infeksi jamur pada vagina

Infeksi jamur pada vagina bisa muncul akibat gula yang terbawa pada urine ketika dikeluarkan. Beberapa tanda di antaranya adalah vagina yang berwarna kemerahan, membengkak, terasa gatal, mengalami keputihan dan rasa sakit saat bercinta. Glukosa yang terbawa dalam urine bisa meningkatkan kemungkinan bakteri untuk tumbuh subur pada vagina dan menyebabkan infeksi.

  1. Disfungsi seksual wanita

Kondisi ini terjadi ketika glukosa darah dalam kadar yang tinggi, sehingga merusak serabut beberapa saraf tubuh. Hal ini dapat memicu kesemutan dan hilangnya perasaan di berbagai bagian tubuh, termasuk tangan, kaki dan kaki. Kondisi ini juga dapat memengaruhi sensasi di daerah vagina dan menurunkan dorongan seksual wanita.

  1. Infeksi saluran kemih

Meski kondisi ini tidak selalu diindikasikan sebagai tanda dari penyakit diabetes akan tetapi adanya ketidak teraturan kadar glukosa didalam tubuh anda memungkinkan kondisi ini dapat terjadi. Untuk itu, sebaiknya perisakan ke dokter guna mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

  1. Mual

Mual menjadi ganggaun yang paling sering terjadi pada penderita diabetes. Kondisi ini terjadi ketika tubuh melakukan pembakaran energi guna mendapatkan energi dari cadangan lemak. Hasil pembakaran lemak ini menghasilkan senyawa keton yang dapat masuk kedalam aliran darah. Efek dari proses ini adalah timbulnya perasaan mual yang berlebihan.

  1. Penglihatan Menurun, Terganggu dan Kabur

Kadar glukosa yang semakin meningkat menyebabkan cairan pembuluh darah terbatasi untuk masuk ke mata. Keadaan yang demikian bahkan bisa membuat lensa mata berubah bentuk. Tetapi ciri yang demikian bisa hilang bila gula darah semakin berkurang dan normal.

  1. PCOS

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) atau disebut sebagai sindrom ovarium polikistik adalah masalah gangguan hormon yang seringkali dialami wanita. PCOS juga seringkali dikaitkan dengan tingginya tingkat insulin pada tubuh. Wanita yang memiliki PCOs biasanya adalah yang kelebihan berat badan atau yang memiliki diabetes tipe-2.

  1. Diabetes saat hamil

Wanita juga berkemungkinan mengalami diabetes saat hamil, yaitu disebut dengan gestational diabetes. Biasanya diabetes jenis ini terdiagnosis pada saat kehamilan berusia 24-28 minggu. Beberapa gejalanya antara lain meningkatnya nafsu makan, sering ingin buang air kecil serta turunnya berat badan meski nafsu makan terus meningkat. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here