Tanda Gejala Kanker Paru pada Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kanker paru merupakan penyakit yang diam-diam dapat merenggut nyawa seseorang dan merupakan jenis kanker yang memiliki angka kematian tertinggi sekitar 1.59 juta. Kasus kematian kanker paru yang terjadi diakibatkan sulitnya mendiagnosa penyakit tersebut secara dini sehingga dari sekian banyaknya kasus hanya 40% baru terdiagnosis penyakit ini saat sudah berkembang dan bahkan 1/3 dari diagnosis tersebut telah mencapai stadium 3.

Kanker paru yang paling banyak terjadi pada wanita disebabkan oleh asap rokok karena wanita tersebut telah menjadi perokok pasif. Contohnya di Indonesia telah di hebohkan oleh kabar duka dari istri komedian Indro yang meninggal karena penyakit kanker paru.

Kanker paru yang terjadi pada wanita tidak sama dengan pria. Fakta ini telah diteliti oleh sebuah fakar yang menyatakan bahwa gejala kanker paru pada pria dan wanita memiliki perbedaan, dimana gejala tersebut akan muncul berupa rasa lelah dan sulit bernafas. Tanda gejala tersebut sering kali diduga akibat faktor usia atau kelebihan berat badan. Untuk memahami lebih lanjut berikut ini beberapa uraian tanda gejala terjadinya kanker paru pada wanita, antara lain :

  1. Nafas pendek

Apabila anda sering mengeluh sesak nafas atau nafasmu pendek waspadai kondisi tersebut pada penyakit kanker paru. Menurut littlethings.com kondisi ini merupakan tanda awal terjadinya kanker paru pada wanita.

  1. Merasa sangat lelah

Seorang wanita yang di duga atau memiliki penyakit kanker paru akan menunjukan tanda gejala dimana tubuh akan mudah merasa letih dan merasa lelah yang luar biasa, terlebih lagi jika anda mengalami kondisi tersebut di malam hari dan sulit untuk tidur maka anda harus mewaspadainya dan segera berkonsultasi ke dokter.

  1. Batuk terus menerus

Batuk adalah suatu kondisi dimana tubuh mengalami iritasi di sistem pernafasan. Apabila anda mengalami batuk yang tak kunjung sembuh dan terus menerus segera konsultasikan ke dokter karena dapat di duga gejala awal kanker paru-paru.

  1. Nyeri punggung dan bahu

Wanita akan lebih beresiko mengalami kanker paru yang disebut dengan adenokarsinoma yaitu kondisi kanker yang berawal dari sel yang melapisi organ internal dan memiliki properti mirip kelenjar. Sehingga tidak heran jika seorang wanita yang mengidap penyakit kanker paru akan menunjukan gejala berupa rasa nyeri dibagian punggung dan bahu.

  1. Suara serak atau parau

Penyebaran sel kanker yang semakin banyak akan mengakibatkan suara menjadi serak atau parau yang disebabkan oleh peradangan dan iritasi pada pita suara.

  1. Penurunan berat badan

Apabila anda mengalami penurunan berat badan secara mendadak tanpa anda melakukan diet maka anda perlu mewaspadai kondisi ini karena kondisi ini salah satu tanda gejala terjadinya penyakit kanker paru.

  1. Sulit untuk menelan

Kondisi peradangan di saluran pernafasan akan mengakibatkan rasa sakit pada tenggorokan dan membuat anda merasa sulit untuk menelan, konsultasi ke dokter untuk menangani hal ini. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here