Tanda Gejala Terjadinya SCAD pada Wanita Muda

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – SCAD merupakan adanya kelainan di bagian jantung. Akan tetapi SCAD dan serangan jantung bukanlah suatu kondisi yang sama. Seseorang yang mengalami kondisi SCAD biasanya akan menunjukan tanda gejala yang sama dengan serangan jantung. Karena tanda gejala yang timbul memiliki kemiripan biasanya dokter melakukan beberapa pemeriksaan untuk mendiagnosa SCAD. Berikut ini beberapa tanda gejala terjadinya SCAD yang perlu anda ketahui, diantaranya sebagai berikut :

  1. Rasa nyeri di dada

Seperti halnya terkena serangan jantung, seseorang yang mengidap SCAD akan merasakan nyeri di bagian dada. Hal ini merupakan tanda gejala yang paling utama akan muncul. Rasa nyeri dibagian dada seperti di ikat oleh sesuatu dengan kencang dan diremas kencang.

  1. Nyeri pada lengan, punggung, leher atau rahang

SCAD akan menunjukan tanda gejala berupa rasa nyeri dibagian lengan. Rasa nyeri tersebut biasanya akan menjalar ke bagian tubuh lainnya seperti punggung, leher atau rahang. Rasa nyeri yang dirasakan dapat timbul secara tiba-tiba atau bertahap. Bahkan pada beberapa kasus rasa nyeri tersebut akan hilang secara perlahan dan kemudian akan muncul kembali menjadi lebih intens. Pada saat tidur seseorang yang merasakan tanda gejala ini akan terbangun karena merasakan sakit.

  1. Sesak nafas

Tanda gejala SCAD akan menimbulkan sesak nafas yang tidak diketahui alasannya dengan jelas. Kesulitan nafas ini seolah-olah pengidap baru saja melakukan aktivitas lari marathon, meskipun pengidap tidak melakukan aktivitas apa-apa.

  1. Mual dan muntah

Seseorang yang mengalami SCAD akan merasakan mual dan bahkan sampai berujung muntah. Selain itu akan disertai dengan sakit kepala.

  1. Mudah cemas dan panik

Kelainan yang disebabkan oleh SCAD dapat mengakibatkan penderita akan mudah merasa cemas dan panik. Apalagi saat dirinya dalam keadaan kaget.

  1. Berkeringat

Seperti halnya serangan jantung seseorang yang mengalami SCAD juga akan berkeringat. Hal yang dimaksud tersebut bukan berkeringan usai melakukan olahraga, akan tetapi akan mengeluarkan keringat dingin dimana si penderita tidak akan merasa gerah meskipun berkeringat.

  1. Selalu merasa kekurangan energi

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School di USA yang melibatkan responden wanita sekitar 500 orang menyatakan bahwa seseorang yang merasakan serangan jantung SCAD akan mudah kehilangan energi sehingga mereka akan mudah merasa lelah tanpa sebab. Seringkali untuk melakukan aktivitas yang sepele pergi ke kamar mandi pun akan merasa malas.

  1. Pingsan

Rasa lelah dan kurangnya energi yang dialami oleh penderita SCAD sering kali mengakibatkan dirinya pingsan.

Setelah anda mengetahui beberapa tanda gejala terjadinya SCAD, sebaiknya apabila anda merasakan salah satu atau lebih dari tanda gejala tersebut sebaiknya anda harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk berkonsultasi dan mendapatkan penanganan yang tepat. Karena sama seperti halnya serangan jantung, kondisi SCAD juga dapat terjadi secara mendadak dan tidak bisa dipastikan waktunya. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here