Tanda Ibu Hamil Terjangkit Toksoplasma

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kucing adalah salah satu hewan yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan, melihat tingkahnya yang lucu dan menggemaskan tidak jarang dapat membuat yang melihatnya menjadi senang dan tidak mudah stres. Tidak jarang juga banyak pasangan memelihara hewan satu ini sebagai peliharaan dirumah.

Namun, berita mengenai parasit tokso yang santer diakibatkan oleh kucing kadang membuat pasangan khususnya ibu hamil ngeri juga, tidak bisa dipungkiri bahwa kehamilan tentu saja adalah rezeki luar biasa yang diberikan Tuhan kepada manusia, dan dapat merasakan tumbuhnya bayi dalam rahim adalah nikmat luar biasa yang diberikan kepada sang ibu. Begitu pentingnya masa kehamilan dan agar sang bayi terjaga hingga lahir ke dunia tentu saja akan membuat tingkat kewaspadaan pasangan menjadi meningkat.

Seperti yang sudah dibahas diawal bahwa jika berbicara mengenai kucing dan kehamilan yang terlintas dalam fikiran adalah penyakit toksoplasma yang merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit toksoplasma gondii.

Kucing selalu dianggap sebagai satu-satunya penyebab adanya parasit ini, namun pernyataan ini pun tidak sepenuhnya benar, karena toksoplasma bisa ada dimana saja dari satwa, tumbuhan, sampai manusia. Toksoplasma yang dapat disebabkan oleh hewan-hewan lain, seperti: ayam, burung, tikus, kambing, sapi, ikan, anjing, babi, dan lainnya yang mengandung virus dan bakteri toksoplasma dalam darahnya. Selain itu pada daging dan telur setengah matang pun dapat mengandung toksoplasma.

Toksoplasma dapat menular kepada manusia bisa secara langsung dan secara tidak langsung, jika secara langsung adalah dengan interaksi dengan manusia dan jika tidak langsung adalah melalui kotorannya. Hewan yang memiliki toksoplasma dalam darahnya ketika membuang kotoran maka virus itu akan terkandung juga dalam kotorannya, kotoran yang mengenai tanah bisa jadi mencemari tanah, terlebih jika tanah tersebut adalah tanah untuk menaman sayur atau buah-buahan bisa saja tanaman yang tumbuh terkontaminasi kotoran hewan yang mengandung oosit toksoplasma, ini adalah salah satu bentuk toksoplasma yang dapat menimbulkan infeksi dan akan menjadi berbahaya jika buah-buahan atau sayuran tersebut dikonsumsi khususnya untuk ibu hamil. Bisa juga toksoplasma yang terkandung dalam kotoran hewan tersebut dibawa oleh hewan lain seperti lalat, serangga atau burung kemudian mereka hinggap di makanan dan akhirnya sampai ke manusia.

Bahaya toksoplasma pada kehamilan adalah dapat membuat janin yang dilahirkan akan terinfeksi toksoplasma, dan kelahiran dini. Infeksi yang terjadi pada bayi dapat mengakibatkan kelainan pada syaraf, mata, pucat, kuning, demam, pembesaran hati dan limpa, datau pendarahan. Kondisi yang lebih parah pada bayi yang terjangkit toksoplasma juga dapat menyebabkan encephalus, hydrocephalus, bahkan kematian.

Begiu berbahayanya penyakit ini pad ibu hamil dan bayi maka perlu diketahui tanda-tanda terjangkitnya toksoplasma, antara lain:

  • Rasa lelah
  • Flu
  • Nyeri kepala
  • Sakit tenggorokan
  • Demam
  • Pembesaran kelenjar getah bening termasuk hati serta limpa
  • Gangguan pada kulit
  • Timbul flek berkepanjangan pada wanita hamil
  • Hamil anggur. Ini adalah kondisi bayi meninggal pada trimester akhir kehamilan.
  • Keguguran

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY