Tanda Kadar Hormon Testosteron Pria Rendah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Salah satu hal yang penting dan mempengaruhi fungsi seksual pada pria adalah hormon testosteron. Hormon testosteron dapat mempengaruhi pertumbuhan organ seksual atau juga libido seorang pria.

Pada tubuh manusia, hormon testosteron diproduksi di testis khususnya oleh kelenjar gonad. Produksinya bisa mengalami kenaikan atau penurunan bergantung dengan usia pria. Umumnya produksi hormon testosteron berada dalam puncaknya saat pria berusia 18 tahun.

Sedangkan testosteron akan menjadi rendah bila usia sudah mulai bertambah tua dengan presentase 20% pada usia 60-an, 30% pada usia 70 tahun dan 30-50% dari usia lanjut 60 tahunan mempunyai testosteron yang rendah. Testosteron yang rendah membuat pria khawatir.

Sebab dengan testosteron yang rendah tubuhnya akan mengalami perubahan fisik dan juga disertai adanya penurunan libido yang signifikan. Perubahan-perubahan tersebut bisa dilihat pada tanda-tanda kadar hormon testosteron rendah berikut ini:

  1. Air mani sedikit

Air mani memiliki peran penting yaitu membantu sperma berenang untuk membuahi sel telur. Tentunya jika produksinya berkurang akan menganggu keberhasilan pembuahan sel telur. Salah satu penyebab berkurangnya air mani adalah hormon testosteron anda rendah sehingga air mani hanya sedikit. Hal ini terjadi karena saat testosteron banyak air mani juga akan banyak. Jadi jika air mani sedikit maka menandakan testosteron anda rendah.

  1. Berkurangnya dorongan seksual

Testosteron yang rendah bisa anda ketahui jika anda semakin hari semakin merasa tidak ada dorongan untuk melakukan hubungan seksual. Dorongan seksual yang berkurang bisa anda lihat dari adanya ereksi spontan yang semakin jarang.

  1. Disfungsi ereksi

Anda juga bisa mengalami disfungsi ereksi atau anda akan kesulitan mempertahankan ereksi karena hormon testosteron yang rendah dan tidak cukup untuk menstimulasi otak untuk memproduksi molekul yang memicu dan mempertahankan ereksi.

  1. Merasa depresi

Gangguan mood yang menandai testosteron salah satunya adalah depresi. Depresi terjadi karena testosteron juga berpengaruh pada kerja otak yang mengatur emosi seseorang, jika sedang rendah maka gangguan mood seperti depresi bisa terjadi disertai karena adanya akumulasi gejala yang membuatnya depresi atau tidak nyaman.

  1. Mudah lelah

Testosteron memiliki peran untuk menghasilkan dan mengatur energi pada tubuh. Maka jika testosteron rendah yang akan anda rasakan adalah perasaan yang cepat lelah.

  1. Perut buncit

Jika perut anda buncit maka harus berhati-hati karena bisa saja testosteron anda rendah. Perut menjadi buncit karena saat testosteron rendah akan terjadi penumpukan lemak khususnya dibagian perut.

  1. Rambut rontok

Rambut anda juga akan mulai berkurang karena sering rontok akibat testosteron yang rendah. Testosteron yang rendah dapat membuat rambut rontok karena perannya untuk menstimulasi pertumbuhan rambut terganggu.

  1. Massa otot dan tulang berkurang

Tanda lain yang bisa anda liat dari testosteron adalah massa otot hilang yang ditandai dengan lingkar lengan atas dan ukuran kaki yang mengecil. Selain itu anda juga akan mengalami massa tulang berkurang testosteron rendah tidak mampu membentuk sel tulang baru. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here