Tanda-tanda Hamil Kosong (Blighted Ovum)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehamilan kosong atau dikenal dengan istilah Blighted Ovum adalah kondisi yang membuat wanita merasa bahwa dirinya sedang hamil akan tetapi di dalam kandungan tidak terdapat janin.

Tanda kehamilan kosong sulit untuk dicermati tanpa bantuan medis. Satu-satunya untuk mengetahui tanda kehamilan kosong adalah dengan melakukan pemeriksaan USG. Pada kehamilan normal pada usia delapan minggu denyut jantung sudah dapat terdengar dan embrio harus terlihat pada pada usia kehamilan enam minggu.

Apabila ditemukan kehamilan kosong maka jalan yang harus dilakukan adalah kuretase. Tindak lanjut kuretase pada kehamilan kosong tetap harus dilakukan persiapan yaitu dengan serangkaian cek darah dan puasa.Hanya saja untuk kuretase wanita akan mengalami siklus haid yang terhenti sementara selama 4-6 minggu. Tidak perlu khawatir, siklus menstruasi akan kembali normal setelah periode tersebut.

Gejala atau tanda-tanda yang tak spesifik dari blighted ovum, membuat keadaan ini sulit untuk dideteksi, maka pada umumnya kehamilan kosong ini baru dapat ditemukan khususnya sesudah ibu hamil mengeluh terdapat pendarahan sedikit pada kemaluan mereka. Wanita yang mengalami kehamilan kosong sama seperti halnya dengan wanita hamil lainnya yaitu mengalami tanda-tanda kehamilan . Tanda kehamilan yang umum dirasakan kebanyakan orang diantaranya adalah muntah, mual, pembesaran buah dada, terlambat menstruasi bahkan pada test kehamilan menunjukan positif. Bahkan pada wanita yang mengalami kehamilan kosong plasenta menghasilkan hormon kehamilan, HCG. Namun, ada tanda lain yang dapat menandakan jika Anda mengalami blighted ovum, antara lain adalah:

  • Berhenti berkembangnya kantung uterus. Wanita yang mengalami Blighted Ovum ditandai dengan berhentinya berkembangnya kantung uterus. Embrio di dalamnya tidak mengalami perkembangan, sehingga bahan-bahan atau produk kehamilan ikut gugur .
  • Timbul bercak-bercak kecoklatan. Selanjutnya tanda yang dialami oleh wanita dengan kehamilan kosong adalah adanya bercak-bercak kecoklatan seperti menstruasi akan tetapi warna lebih pekat. Bahkan hingga mengalami pendarahan dalam jumlah yang banyak dan tidak jarang berlangsung secara spontan. Keguguran secara spontan ini dialami oleh 50% kehamilan blighted Janin tidak berkembang sehingga mekanisme tubuh dengan cara alami mengeluarkannya dari dalam rahim. Kebanyakan wanita hamil tidak menyadari tanda blighted ovum atau keguguran spontan ini.
  • Kram perut yang berujung pendarahan. Wanita akan merasa bahwa dirinya sedang hamil karena ketika dilakukan test kehamilan menunjukan kehamilan positif.Meskipun pada akihrnya tingkot hormon menurun dengan ditandai kram perut yang tidak tertahankan lalu disertai dengan pendarahan.

Melihat tanda-tanda kehamilan kosong diatas sangat sulit dibedakan tanpa menggunakan permeriksaan kesehatan. Anda dapat berkonsultasi langsung dengan bidan atau dokter kandungan untuk lebih mengetahui kondisi Anda, hal ini dikarenakan setiap individu memiliki keadaan fisik dan psikis yang berbeda-beda saat mengalami kehamilan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY