Tanda-tanda Kehamilan Awal

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehamilan merupakan anugerah terbesar yang diberikan Tuhan. Hal ini saat yang paling ditunggu-tunggu untuk pasangan suami istri, dimana saat ini seorang wanita membawa embrio atau fetus untuk masuk ke dalam tubuh. Awal kehamilan banyak wanita yang tidak mengetahui bahwa dirinya sedang hamil sehingga bebas mengonsumsi obat-obatan atau mengoonsumsi makanan yang tidak sehat.

Tanda-tanda awal kehamilan yang sudah diketahui banyak orang adalah mual-mual dan terlambat haid, namun kedua tanda tersebut belum tentu menjadi tanda kehamilan dan dibutuhkan dukungan dari berbagai macam tanda lainnya. Lalu seperti apa tanda-tanda yang akan muncul saat awal kehamilan? Berikut adalah beberapa tandanya:

  • Munculnya bercak darah. Awal kehamilan biasanya ditandai dengan adanya pendarahan atau bercak darah yang diakibatkan terjadi proses penempelan janin ke dinding rahim. Pendarahan yang terjadi saat ini biasanya hanya memunculkan sedikit bercak, berbeda pada saat haid yang mempunyai kuantitas banyak.
  • Perubahan payudara. Wanita akan sangat sensitif pada saat ini apabila payudaranya disentuh, termasuk jika tersentuh dengan branya sendiri. Sensitif rasa nyeri juga timbul pada saat ini. Kondisi seperti ini biasanya bersamaan dengan membesarnya ukuran payudara. Tanda lainnya adalah dada akan teras lembut dan empuk jika diraba.
  • Buang air kecil makin sering. Buang air kecil sering menjadi tanda kehamilan, karena saat itu janin membutuhkan ruang yang lebih luas untuk tumbuh. Perluasan wilayah tersebut akan membuat kandung kemih Anda menjadi tertekan dan akan lebih cepat terisi urine dari biasanya. Kondisi inilah yang akan membuat ibu hamil jadi sering buang air kecil.
  • Mudah lelah. Tanda selanjutnya adalah Anda merasa lelah dalam berkegiatan meskipun Anda hanya melakukan kegiatan kecil saja.
  • Mual (morning sickness). Rasa mual dapat terjadi karena peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Hormon ini akan menimbulkan rasa perih pada perut sehingga menimbulkan rasa mual.
  • Haid terlambat. Alasan terlambat haid bukan hanya karena kehamilan, banyak faktor lain yang mengakibatkan terlambatnya haid. Biasanya terlambat haid yang terjadi di awal kehamilan disebabkan saat sel telur sudah dibuahi maka sel telur itu tidak akan lagi dikeluarkan oleh tubuh (menstruasi).
  • Kram perut. Kram perut bisa menjadi tanda awal kehamilan krena terjadinya implantasi janin ke dinding rahim. Kram perut akan terus terasa selama proses tersebut masih berlangsung.
  • Mengalami ngidam atau menolak makanan tertentu. Ini adalah keadaan dimana Anda secara tiba-tiba menginginkan sesuatu atau menolak makanan tertentu.
  • Sensitif pada bau. Sejumlah peneliti menduga bahwa gejala ini terjadi agar wanita hamil tidak makan makanan yang dapat membahayakan bayi.
  • Perubahan bentuk tubuh. Awal kehamilan biasanya akan terjadi perubahan. Tidak hanya terjadi pada bagian perut saja, namun bagian lain seperti bokong, paha, dan dada juga mengalami perubahan.

Selain tanda-tanda tersebut Anda juga dapat menggunakan alat tes kehamilan atau USG untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak. Salah satu manfaat mengetahui tanda-tanda mengenai kehamilan dari awal juga dapat mengurangi risiko yang tidak diinginkan dimasa depan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY