Tanda – Tanda Kekurangan Zinc

SehatFresh.com – Zinc (seng) merupakan mineral yang sangat penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh, penyembuhan luka, pertumbuhan dan pembelahan sel, serta fungsi perasa dan penciuman yang normal. Mineral ini dapat ditemukan dalam makanan laut, daging sapi, ayam, kacang-kacangan dan legum. Menurut Institute of Medicine, Amerika Serikat, orang dewasa membutuhkan asupan 40 miligram zinc per hari, sementara anak-anak perlu 4-34 miligram per hari. Orang-orang yang tidak mendapatkan asupan zinc yang memadai setiap hari mungkin mengalami tanda-tanda yang meliputi gangguan pertumbuhan, kehilangan nafsu makan dan penurunan sistem kekebalan tubuh.

  • Kekurangan zinc ringan

Kekurangan zinc ringan bisa memperlambat pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak. Pada pria, mereka mungkin mengalami penurunan kadar testosteron serum dan disfungsi seksual. Gangguan sistem kekebalan tubuh, penumpukan amonia dalam darah, masalah mencicipi makanan, penurunan berat badan dan masalah melihat benda dalam gelap mungkin juga terjadi pada pria dan wanita sebagai tanda-tanda kekurangan zinc.

  • Kekurangan zinc moderat

Tanda-tanda kekurangan zinc moderat termasuk retardasi pertumbuhan dan organ reproduksi yang lebih kecil dari normal pada anak laki-laki. Tanda-tanda lainnya termasuk kulit kasar, kehilangan nafsu makan, lesu, menurunnya fungsi sistem kekebalan tubuh dan masalah dengan penyembuhan luka. Perubahan neurosensorik juga dapat terjadi, di mana Anda mungkin mengalami perubahan ketika merasakan dan merespon rangsangan.

  • Kekurangan zinc parah

Sebuah hasil kaji artikel yang diterbitkan pada Maret 2009 dalam jurnal “Current Opinion in Gastroenterology”, menunjukkan bahwa penggunaan alkohol yang berlebihan, terapi penisilamin dan penyakit genetik dapat menyebabkan defisiensi zinc yang parah. Tanda-tanda kekurangan zinc yang parah termasuk masalah kulit (dermatitis atau eksim), rambut rontok, diare, penurunan berat badan, infeksi, gangguan neurologis dan gangguan psikologis. Luka pada tubuh juga mungkin tidak dapat sembuh dengan baik. Kekurangan zinc yang parah dapat berakibat fatal bila tidak segera ditangani.

Tidak hanya karena makan makanan yang miskin gizi seperti junk food, kekurangan zinc juga bisa disebabkan oleh penyakit seperti sindrom malabsorpsi, penyakit sel sabit dan penyakit ginjal serta keringat berlebihan akibat iklim tropis yang panas. Anda juga bisa kehilangan zinc ketika Anda mengalami cedera, luka bakar dan kehilangan darah, serta ketika Anda memiliki operasi besar atau infeksi. Jika Anda merasa mengalami tanda-tanda kekurangan zinc, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi medis yang tepat.

Sumber gambar : ghozalios.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY