Tanda-tanda Kelahiran Sudah Dekat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menunggu masa kelahiran menjadi saat-saat yang menegangkan bagi setiap pasangan apalagi jika itu untuk yang pertama kali. Begitu banyak persiapan di lakukan untuk  menyambut peristiwa tersebut. Tidak hanya berupa persiapan fisik dan finansial untuk menghadapinya tetapi yang paling krusial adalah persiapan mental atau psikologinya. Perubahan peran yang akan terjadi yakni menjadi seorang ayah dan ibu itulah yang biasanya mampu menimbulkan tekanan psikis tersendiri. Tetapi yang lebih mendebarkan adalah menjelang proses kelahiran sang buah hati. Proses yang menjadi awal kehidupan seorang anak dan juga perjuangan seorang ibu. Sering disebutkan sebagai kisah inspiratif peristiwa detik-detik kelahiran seorag anak terlepas dari kelahiran tersebut melalui proses normal maupun operasi.

Istilah siaga bagi setiap pasangan dalam masa kehamilan akan sampai pada puncaknya ketika hari perkiraan lahir / HPL sudah dekat dalam hitungan hari. Masa kehamilan normal memang 37-38 minggu tetapi tidak menutup kemungkinan jika hari lahirnya lebih awal. Maka dari itu begitu penting untuk mengetahui setiap tanda-tanda yang menjadi signal kelahiran. Berikut ini adalah tanda- tanda akan segera melahirkan yang harus di pahami setiap pasangan yang akan menjadi orang tua:

  1. Berada dalam usia yang cukup, kecuali dalam kondisi tertentu yang memungkinkan kelahiran prematur
  2. Terasa nyeri dengan skala tinggi yang hilang timbul dimulai dari bagian punggung, kemudian menjalar kepinggang, pinggul ini pertanda kelahiran dalam waktu dekat
  3. Nyeri semakin kuat dan sering sampai ke daerah perut, sebaiknya jika pusat layanan kesehatan jauh maka pada saat ini dapat langsung menempuh perjalanan untuk mendapat pertolongan kelahiran
  4. Keluar lendir pada vagina
  5. Semakin lama lendir yang dikeluarkan bercampur dengan darah, ini merupakan pertanda pembukaan mulut rahim
  6. Adanya pembukaan mulut rahim yang terjadi bertahap seiring kontraksi sampai pembukaan penuh

Saat tanda diatas telah dirasakan salah satunya maka dapat dipastikan kelahiran buah hati anda sudah sangat dekat. Pentingnya kesiagaan adalah agar proses persalinan terjadi secara lancar dan aman baik untuk ibu maupun bayinya. Mengetahuinya lebih awal sebagai tanda juga dapat menjadi penentu jenis pertolongan yang akan diberikan. Karena tidak sedikit ibu yang bahkan tidak mendapatkan penanganan tepat saat melahirkan sehingga berakibat fatal hingga kematian.

Selain mengetahui tanda – tanda tersebut tentunya proses pendampingan seharusnya dilakukan sejak dini pada masa kehamilan. Sehingga keadaan atau kesehatan ibu dan bayi terpantau dengan baik. Hal ini merupakan upaya pendukung untuk dapat menjaga proses bersalin yang aman. Sebagai calon orang tua juga harus sudah memiliki perencanaan kelahiran anak dengan matang, sampai pada proses persalinan yang menjadi pilihan. Maka dari itu ketika tanda kelahiran sudah dekat maka tindakan dapat diambil secara tepat dan cepat.(WDA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY