Tanda-Tanda Peringatan Kanker Pada Pria

SehatFresh.com – Kanker adalah salah satu penyebab paling umum kematian pada orang dewasa termasuk pada pria. Sementara diet sehat dapat menurunkan risiko terkena kanker tertentu, faktor-faktor lain seperti gen dapat memainkan peran yang lebih besar. Jika kanker telah menyebar, maka akan sulit untuk diobati.

Banyak kanker yang sulit dideteksi pada tahap awal, tetapi beberapa dapat menyebabkan perbedaan yang nyata. Mengetahui gejala awal dapat membantu Anda mencari pengobatan dini sehingga peluang kesembuhannya semakin tinggi. Sayangnya, tanda-tanda dan gejala kanker dapat bervariasi. Sebagai aturan praktis, segera periksa ke dokter jika Anda mencurigai ada sesuatu yang salah dengan tubuh Anda.

Berikut adalah 10 tanda peringatan kanker yang paling umum pada pria yang perlu Anda waspadai :

  1. Gangguan usus
    Gangguan usus mungkin menunjukkan gejala kanker usus besar atau rektum kolektif yang disebut kanker kolorektal. Kanker usus besar memengaruhi seluruh usus besar, sedangkan kanker rektum memengaruhi bagian bawah yang menghubungkan ke anus. Sering diare dan sembelit mungkin mengindikasikan kanker, terutama jika perubahan usus ini terjadi tiba-tiba. Masalah-masalah tersebut juga bisa disertai dengan sering buang gas dan nyeri perut.
  2. Pendarahan pada anus
    Pendarahan pada anus mungkin merupakan tanda awal kanker anus. Hal ini terutama terjadi jika Anda mengalami pendarahan setiap kali buang air besar. Anda mungkin melihat darah dalam kotoran Anda. Meskipun ini merupakan gejala kanker, kanker usus besar sulit untuk didiagnosa pada tahap awal. Maka dari itu, skrining reguler untuk deteksi kanker usus direkomendasikan dimulai sejak usia 50 tahun.
  3. Masalah saluran kencing
    Inkontinensia urin dan perubahan lainnya dapat berkembang seiring bertambahnya usia. Namun, perubahan tertentu dapat menjadi tanda kanker prostat. Kanker prostat adalah jenis kanker yang paling umum pada pria usia 60 dan lebih tua. Tanda-tanda kanker terkait saluran kencing adalah inkontinensia, sulit buang air kecil, penundaan buang air kecil dan mengejan saat buang air kecil.
  4. Darah dalam urin
    Kanker prostat tidak selalu menimbulkan gejala dalam tahap awal, namun adanya darah dalam urin dapat menjadi salah satu tanda peringatannya. Darah dalam urin juga bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih (ISK) atau masalah prostat lainnya. Kanker prostat juga dapat menyebabkan air mani berdarah.
  5. Nyeri punggung persisten
    Sakit punggung juga bisa menjadi salah satu tanda kanker. Gejala umum dari kanker kolorektal dan prostat mungkin tidak tampak hingga kanker telah menyebar ke bagian tubuh lain seperti punggung. Tidak seperti nyeri otot sesekali, hal ini dapat menyebabkan nyeri dan ketidaknyamanan pada tulang. Kanker prostat secara khusus dapat menyebabkan gejala-gejala tersebut pada tulang pinggul dan punggung bawah.
  6. Batuk yang tidak biasa
    Batuk persisten merupakan tanda awal kanker paru-paru. Batuk disertai dengan lendir berdarah dikaitkan dengan kanker paru-paru pada pria. Jika Anda tidak memiliki gejala terkait lainnya, seperti hidung tersumbat atau demam, batuk mungkin tidak terkait dengan virus atau infeksi. Hal ini perlu segera mendapat evaluasi medis.
  7. Benjolan pada testis
    Kanker testis merupakan kanker yang kurang umum pada pria dibandingkan kanker prostat, paru-paru, dan usus besar. Namun, ada tanda-tanda awal yang perlu Anda waspadai. Benjolan di testis adalah tanda peringatan bahwa Anda mungkin memiliki kanker testis.
  8. Kelelahan ekstrim
    Kelelahan dapat berhubungan dengan sejumlah penyakit kronis dan gangguan medis. Kelelahan berlebihan adalah cara tubuh memberitahu bahwa ada sesuatu hanya tidak benar. Seiring sel kanker tumbuh dan menyebar, tubuh mungkin mengalami penurunan kondisi. Kelelahan ini terutama menonjol terkait pengembangan kanker kolorektal pada pria.
  9. Penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas
    Mungkin sulit mempertahankan berat badan seiring usia yang semakin bertambah. Tapi, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan secara tiba-tiba dapat menunjukkan masalah kesehatan yang serius. Kondisi ini dapat terkait hampir semua jenis kanker.
  10. Benjolan pada payudara
    Pria juga perlu waspada dan memeriksa benjolan yang mencurigakan di daerah payudaranya, karena hal tersebut bisa menjadi gejala awal dari kanker payudara pada pria. Gen dapat berperan dalam kanker payudara pria, tetapi juga bisa disebabkan oleh paparan radiasi atau estrogen tingkat tinggi. Benjolan payudara paling sering ditemukan pada pria usia 60-an.

Sumber gambar : kanker-prostat.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY