Tanda Tubuh Sedang Tidak Bugar

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Salah satu faktor yang memicu Anda menjadi tidak bugar adalah rasa malas yang membuat Anda tidak berolahraga. Akibatnya, dari waktu ke waktu Anda merasa semakin lemah, mudah lelah dan kurang bersemangat. Hal ini menandakan kondisi tubuh Anda sedang tidak bugar.

Berikut adalah tanda-tanda Anda sedang tidak bugar.

  1. Tidak bisa melakukan push up

Push up merupakan gerakan yang tepat untuk menentukan kebugaran seseorang, karena melakukan push up menggunakan otot-otot punggung, bahu, lengan, dan otot inti. Untuk melakukan push up sempurna, harus menurunkan badan sehingga hampir menyentuh lantai sebelum mengangkatnya kembali. Ini merupakan gerakan yang berat, namun seseorang yang bugar seharusnya bisa melakukannya paling tidak beberapa kali. Kemampuan melakukan push up juga dipengaruhi usia, seseorang yang berusia di bawah 50 tahun harusnya bisa melakukan 5 hingga 10 kali push up agar bisa disebut bugar.

  1. Lingkar pinggang membesar

Menurut Yayasan Jantung Nasional Australia, kita secara berkala sebaiknya mengukur lingkar pinggang untuk melihat apakah ada lemak berlebih di sekitar perut kita. Walau berat badan tidak selalu bisa dipakai untuk menentukan tingkat kebugaran, namun lingkaran lemak berlebih di pinggang menunjukkan bahwa seseorang tidak berada dalam kondisi bugar. Lemak berlebih di sekitar perut juga bisa menjadi ancaman bagi jantung, ginjal, hati, organ pencernaan, serta pankreas. Kita bisa mengukur lingkar pinggang saat bernafas dengan normal, bukan saat menahan nafas. Orang yang termasuk dalam kondisi bugar seharusnya memiliki lingkar pinggang di bawah 100 cm untuk pria, dan 89 cm untuk wanita.

  1. Kehabisan nafas saat menaiki tangga

Tanda selanjutnya bahwa Anda sedang dalam kondisi tidak bugar adalah langkah-langkah Anda menaiki tangga terasa sangat berat dan membuat Anda kehabisan nafas, Anda mungkin dikategorikan tidak bugar sehingga harus melakukan aktivitas kardio lebih banyak.

Berlatih kardio juga bukan hal yang ringan bagi mereka yang kurang bugar. Berjalan atau jogging sekitar satu kilometer juga mungkin terasa berat. Oleh karena itu mulailah dengan pelan dan latihan ringan, seperti jalan santai. Ketika Anda sudah merasa nyaman, tambahlah kecepatan dan jarak sehingga suatu saat menaiki tangga tidak lagi membuat Anda pingsan.

  1. Mudah lelah

Menurut American Council on Exercise, olahraga teratur adalah kunci agar tetap bertenaga dan bersemangat sepanjang hari. Mereka yang tidak bugar, sebaliknya, akan merasa lelah dan kurang bersemangat, bahkan untuk sekedar jalan mencari makan siang.

  1. Memiliki detak jantung istirahat yang tinggi

Walau melakukan olahraga yang mendorong jantung bekerja lebih keras itu perlu, namun saat beristirahat, detak jantung kita mestinya lebih lambat. Detak jantung yang lebih lambat umumnya berarti kita lebih bugar dan jantung bekerja dengan baik. Namun bila Anda merasa jantung berdetak kencang sepanjang waktu, itu adalah tanda bahwa Anda tidak bugar. Detak jantung normal saat waktu istirahat adalah sekitar 60 hingga 100 detak per menit. Untuk orang pada umumnya, detak itu sebaiknya tidak lebih dari 100 per menit.

  1. Memerlukan waktu lebih lama bagi detak jantung untuk melambat

Bila Anda berolahraga, maka jantung akan berdetak lebih kencang untuk memompa oksigen ke dalam tubuh. Detak jantung berkisar antara 140 hingga 190 detak per menit tergantung usia. Saat beristirahat, detak jantung akan melambat dan menurun sekitar 20 detak per menit sampai mencapai detak normal. Bila Anda sedang dalam keadaan tidak bugar, penurunan detak jantung itu akan memerlukan waktu lebih lama. Namun bila Anda bugar, semakin cepat juga Anda pulih. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here