Tanda yang Dialami pada Tubuh Bila Mengonsumsi Gula Berlebih

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gula terbuat dari bahan tebu, bit gula dan dari pohon aren. Gula merupakan suatu karbohidrat yang menjadi sumber energi dan komoditi utama dalam perdagangan. Gula banyak ditemukan dalam bentuk padat atau dalam bentuk kristal. Hampir setiap jenis olahan makanan dan minuman membutuhkan bahan tersebut. Dan hampir seluruh manusia menyukai gula. Gula digunakan sebagai bahan pemanis pada olahan makanan dan minuman.

Tanda Apa Saja yang Akan Dialami Tubuh Apabila Mengkonsumsi Gula Secara Berlebihan?

  1. Tubuh akan merasa mudah lelah

Normalnya korbohidrat yang terdapat pada gula berfungsi sebagai cadangan energi dalam bentuk glikogen. Apabila kamu terus merasa lelah dan merasa mengantukbisa jadi hal kamu mengalami roller coaster atau yang dapat diartikan kadar gula dalam tubuh anda mengalami naik turun secara drastis. Bila cakupan gula pada tubuh anda tercukupi maka akan stabil pula tingkat energi mu.

  1. Berat badan naik

Pada saat anda mengkonsumsi gula, prankeas akan melepaskan insulin dan membawa gula tersebut pada organ tubuh lainnya yang berfungsi untuk bahan energi. Hal tersebut sangat berperan penting untuk mengatur berat badan. Apabila anda mengkonsumsi gula secara berlebih maka produksi insulin akan memproduksi lebih banyak sehingga menimbulkan resistensi insulin. Akibatnya tubuh tidak dapat merespon langsung mencerna gula sebagai energi sehingga pada tubuh terjadi penumpukan kalori dan gula yang di simpan menjadi sel lemak dan beresiko terjadinya diabetes.

  1. Akan sering merasa lapar karena ketagihan

Menurut pendapat Brooke Alpert, M.S,R.D menyatakan bahwa mengkonsumsi makanan gulu yang tinggi akan membuat hormon merespon tubuh seperti gelombang. Terjadinya kenaikan dan penurunan kadar gula dapat memicu tubuh ingin selalu mengkonsumsi gula.

  1. Membuat kulitmu berjerawat

Apabila mengkonsumsi gula secara berlebihan dapat menimbulkan masalah kulit menjadi berjerawat. Selain itu kadar gula yang berlebih di dalam tubuh menyebabkan kulit menjadi kering dan terjadinya ketidakseimbangan kulit secara keseluruhan.

  1. Emosi menjadi labil

Kadar gula yang berlebih bisa mempengaruhi mood seseorang. Gangguan emosi seperti depresi merupakan salah satu penyebab kadar gula dalam tubuh berlebihan. Selain itu orang tersebut akan mengalami stress, mudah marah dan sering merasa kesal.

  1. Haus yang berlebihan

Apabila anda mengalami haus yang berlebihan bisa jadi hal tersebut suatu tanda gejala penyakit diabetes. Penyakit tersebut disebabkan karena kadar gula dalam tubuh berlebihan.

  1. Sering buang air kecil

Apabila mengalami keluhan sering buang air kecil suatu hal yang harus diwaspadai terkena penyakit diabetes. Buang air kecil yang normol sekitar kurang dari 10 kali dalam sehari.

Selain tanda yang dialami tubuh diatas apabila kadar gula dalam tubuh berlebihan akan beresiko terhadap kesehatan. Penyakit diabetes merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh pengaruh kadar gula. Selain penyakit diabeter kadar gula yang berlebih bisa memicu penyakit jantung, kerusakan hati, karises pada gigi dan disfungsi metabolik. Untuk itu apabila anda mengalami kondisi yang sudah dijelaskan diatas sebaiknya anda segera keluar dari zona nyaman dalam mengkonsumsi gula yang berlebih. Sudah saatnya anda mengontrol asupan makanan yang mengandung gula dan menguranginya. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here