Tanda yang Ditunjukan Bayi Bahwa Ia Sudah Merasa Kenyang

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Merawat bayi merupakan hal yang menyenangkan. Kita mendapatkan pengalaman baru yang sebelumnya kita sama sekali tidak tahu dan menjadi banyak tahu.

Bagi seorang ibu yang sudah melahirkan anak kedua atau ketiganya, mengurus bayi mungkin sudah lebih mudah karena sudah banyak memiliki pengalaman. Tetapi bagi ibu yang baru pertama kali mempunyai bayi pasti masih bingung. Banyak pengalaman baru yang harus dipelajari. Mulai dari memandikan bayi dan memberi nutrisi pada sang buah hati.

Ketika memberikan nutrisi ataupun asupan makanan dan ASI bagi bayi di bawah usia 6 bulan, ibu memiliki kesulitan untuk mengidentifikasi apakah nutrisi yang dikonsumsi oleh bayi sudah cukup ataukah belum. Dikarenakan bayi belum bisa berbicara, maka ibu kesulitan mengetahui anaknya sudah kenyang atau masuh perlu diberi suapan makanan atau meneruskan untuk menyusui.

Untuk para ibu-ibu jangan khawatir, sebenarnya bayi memiliki beberapa aktivitas sebagai tanda bahwa ia sudah merasa kenyang tanpa harus berbicara. Tanda yang ditunjukan bayi jika sudah merasa kenyang yaitu :

  1. Menutup mulut

Jika bayi anda sudah berumur 6 bulan ke atas ia sudah diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan padat. Ketika anda mencoba menyuapinya dan ia menutup mulut, itu artinya dia memberikan isyarat bahwa sudah cukup atau ia sudah merasa kenyak. Jadi sebaiknya segera hentikan suapan anda.

  1. Memalingkan wajah

Tanda lainnya adalah memalingkan wajah. Jika bayi sudah mulai memalingkan wajah, sebaiknya jangan paksa anak untuk tetap menyusu atau terus menghabiskan makanan yang ada di piring.

  1. Terlihat puas

Jika bayi merasa kenyang ketika menyusui, wajahnya akan terlihat puas.

  1. Sering BAK

Jika bayi anda sering BAK misalnya empat atau sampai enam kali per hari, maka ASI yang anda berikan sudah cukup untuk membuat bayi merasa kenyang.

  1. Menghentikan hisapan

Jika sudah kenyang bayi cenderung menghentikan isapannya terhadap puting. Namun ada beberapa bayi yang tetap menghisap payudaranya hingga ia tertidur.

  1. Melepaskan genggaman tangannya

Bayi yang lapar akan menggenggam erat kuat sekali di saat awal menyusui. Jika sudah kenyang bayi perlahan akan melemahkan atau melepaskan genggamannya dari sang ibu.

  1. Tertidur

Tertidur merupakan tanda yang paling mudah diketahui saat bayi kenyang. Jika bayi anda tertidur maka bayi sudah kenyang dan ingin beristirahat.

  1. Lebih tertarik dengan hal lain

Seiring dengan pertumbuhannya keingintahuan bayi terhadap lingkungannya juga meningkat. Saat ia mulai melihat ke sana ke mari, itu menandakan bahwa ia sudah kenyang. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY