Tantangan Mendidik Anak Diera Digital

SehatFresh.com – Tantangan dalam membesarkan dan mendidik anak tidak hanya datang dari dunia nyata, tapi juga dunia maya. Era digital menawarkan berbagai kemudahan yang berlimpah bagi anak dalam mengakses hiburan, informasi, dan komunikasi, termasuk juga bagi anak-anak. Tidak mudah untuk mencetak anak yang berkualitas di zaman serba modern seperti saat ini. Kehadiran internet memang banyak memberikan manfaat kemudahan. Pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih mudah, serta akses informasi pun menjadi lebih fleksibel. Akan tetapi, internet juga memiliki celah yang bisa membahayakan keselamatan anak.

Ketika anak mulai kecanduang main games online dan cenderung enggan bersosialisasi dengan lingkungan luar. Ini berpotensi menimbulkan masalah kesehatan atau mengganggu pertumbuhan karena kurangnya aktivitas fisik, kurang terkena sinar matahari atau kurang tersentuh oleh udara di luar. Obesitas juga dapat mengancam anak jika terlalu kurang gerak, apalagi bila anak juga sering ngemil makanan tinggi gula dan garam.

Dari sisi mental dan sosial, jika sudah berlebihan, anak-anak menjadi kehilangan waktu untuk belajar berinteraksi dengan realitas nyata, misalnya bermain dengan teman sebaya dan ekplorasi lingkungan sekitar. Selain itu, anak juga menjadi lebih rentan terekspos konten yang berbau kekerasan dan pornografi.

Di sisi lain, banyak orang tua saat ini yang lebih banyak menghabiskan waktunya dengan gadget mereka. Imbasnya, waktu yang tersisa untuk anak-anak jadi semakin sedikit. Anak-anak pun jadi kesulitan untuk belajar melalui interaksi langsung dengan orang tuanya. Ketika anak rewel, tidak jarang banyak orang tua yang menenangkan anak mereka dengan bermain game, yang akhirnya ini menjadi kebiasaan.

Anak yang berinteraksi dengan gadget tanpa waktu menunjukkan belum adanya aturan yang membatasi atau memberikan alternatif kegiatan yang tidak kalah menariknya dengan aktivitas di dunia maya. Anak usia dini hendaknya diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk bisa mengeskplorasi dan mencoba hal-hal baru di lingkungan sekitarnya. Ini penting untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Tugas penting orang tua adalah mempersiapkan anak menghadapi zamannya. Tidak bijak juga bila orang tua menjauhkan anak dari gadget dan internet karena memang sekarang sudah masanya. Selain harus bisa mengikuti perkembangan teknologi, orang tua perlu mengatur siasat baru dalam mendidik anak-anaknya agar tidak kecanduan internet di era digital ini. Prinsipnya, kemajuan teknologi memberikan banyak kemudahan dalam kehidupan. Yang salah bukan teknologinya, melainkan cara bagaimana kita menyikapi kemajuan tersebut.

Sebagai orang tua, penting untuk meluangkan waktu mendampingi dan mengawasi anak ketika mengakses dunia maya. Pasalnya, banyak situs-situs yang mudah diakses di mana kontennya tidak sesuai untuk anak-anak. Orang tua juga sudah harus bisa memberikan pendidikan dan pemahaman tentang penggunaan internet yang sehat dan bijak sejak dini pada anak, serta menjadi panutan yang baik bagi anak.

Sumber gambar : rkipancoran.org

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY