Tata Cara Melakukan Puasa Ramadhan untuk Wanita

0
6
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bulan ramadhan merupakan bulan ke sembilan dalam penanggalan hijriyah yang sebentar lagi akan tiba. Dalam bulan ini umat islam melakukan berbagai aktivitas seperti berpuasa, shalat tarawih, peringatan turunnya Al quran, membaca Al quran, membayar zakat dan diakhiri dengan merayakan idul fitri atau hari kemenangan.

Adanya berbagai aktivitas yang cukup banyak di bulan ramadhan. Tentunya anda ingin melaksanakannya dengan benar sesuai ketentuan Allah SWT dan sunnah Rasullullah SAW agar kegiatan anda mendapatkan pahala dan ridho-Nya.

Salah satu hal penting untuk anda ketahui adalah tata cara melaksanakan ibadah puasa, khususnya bagi wanita. Karena adanya haid atau beberapa hal yang spesial pada wanita sehingga ada tambahan tata cara lain ketika berpuasa bagi wanita.

Berikut tata cara melaksanakan ibadah puasa ramadhan bagi wanita :

  1. Niat

Ketika anda ingin melakukan sesuatu, hal pertama yang penting anda lakukan adalah niat. Untuk berniat ketika puasa di bulan ramadhan, sebelum terbitnya fajar bacalah niat di dalam hati agar puasa kita nanti dapat diterima oleh Allah SWT.

  1. Melakukan sahur

Rasulullah SAW menganjurkan pada umatnya jika akan berpuasa maka bersahurlah. Waktu yang lebih baik untuk sahur adalah menjelang masuk waktu imsak atau sepertiga akhir malam sampai terbit fajar. Manfaat yang anda dapatkan dari sahur yaitu memberi kekuatan anda pada saat puasa di siang hari dan mendapat berkah dari Allah SWT.

  1. Mengetahui waktu berpuasa

Waktu berpuasa dimulai dari terbitnya fajar sampai terbenam matahari yang ditandai dengan berkumandangnya adzan maghrib. Ketika melakukan puasa di siang hari, selain menahan lapar anda juga harus menjaga diri dari perbuatan yang mendatangkan dosa karena dapat membatalkan ibadah puasa yang anda jalani.

  1. Berbuka

Ketika waktu berbuka tiba, sebaiknya anda bersegera membatalkan puasa. Makanlah terlebih dahulu makanan yang manis seperti kurma atau makanan manis lainnya dan minum air putih. Dan jangan lupa berdoalah sebelum anda menyantap makanan.

  1. Perbanyak Ibadah di bulan puasa

Di bulan penuh berkah ini anda juga perlu memperbanyak ibadah seperti membaca al-quran, sedekah dan membayar zakat fitrah.

  1. Aturan mengqadha puasa bagi wanita

Bagi kaum wanita ada beberapa hal yang membuat tidak bisa melaksanakan puasa. Namun jangan khawatir karena itu merupakan hal yang wajar. Bagi wanita haid dapat menggantikan puasanya dilain waktu, begitu juga bagi wanita hamil atau ibu menyusui karena mereka mendapatkan keringanan dari Allah SWT. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY