Tata Cara Menjalankan Ibadah Puasa yang Benar

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ketika seorang muslim menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, apapun perbuatannya akan di anggap sebagai ibadah dan berpahala. Asalkan perbuatan tersebut bersifat positif. Oleh karena itu semua umat muslim berlomba-lomba dalam kebaikan agar mendapatkan ridho dari Allah SWT dan juga pahala yang banyak.

Untuk mendapatkan pahala dan menjalankan perbuatan yang baik, anda tentunya juga harus memperbaiki puasa yang ada jalankan agar benar. Benar disini maksudnya adalah puasa yang dijalankan sesuai dengan tuntunan dan sunah Rasullulah SAW.

Seperti yang kita ketahui bahwa segala sesuatu yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW adalah kebenaran dan menjadi amalan sunah bagi yang menjalankannya. Maka puasa yang dijalankan beliau merupakan puasa dengan tata cara yang benar.

Agar ibadah puasa yang anda jalankan benar, berikut tata cara puasa yang harus anda jalankan:

  1. Niat

Seorang muslim ketika akan menjalankan ibadah, hal pertama yang harus dilakukan adalah berniat. Dengan berniat maka kita semakin bersemangat dan kuat menjalankan sesuatu. Ketika berpuasa, anda bisa berniat sebelum fajar terbit atau saat sahur.

  1. Sahur

Sebelum menjalankan ibadah puasa, pada malam hari atau sepertiga malam anda dianjurkan untuk melakukan sahur terlebih dahulu. Dengan sahur tubuh anda akan lebih berenergi ketika berpuasa. Dalam sahur ini, waktu sahur yang lebih baik adalah mendekati waktu imsak.

  1. Waktu puasa

Setelah bersahur maka anda siap untuk menjalankan puasa. Waktu berpuasa yaitu dimulai dari terbitnya fajar dengan menahan lapar dan haus. Setelah itu anda boleh berbuka puasa pada saat matahari terbenam yang ditandai dengan berkumandangnya adzan maghrib.

  1. Perbanyak ibadah

Anda tentunya tidak ingin melewatkan waktu puasa hanya untuk menahan lapar dan haus. Oleh karena itu, sebaiknya perbanyak ibadah di bulan puasa. Seperti membaca Al- quran, sedekah, dzikir dan atau melakukan i’tikaf di masjid.

  1. Jaga ucapan

Selain menahan lapar dan haus. Hal penting lainnya yang harus anda lakukan adalah menjaga ucapan anda dari hal yang keji dan mencaci orang lain. Karena hal tersebut dapat membuat puasa anda tidak sempurna.

  1. Hukum bersiwak, istinsyaq dan berkumur

Ketika berpuasa anda boleh bersiwak, istinsyaq dan berkumur tetapi tidak boleh jika anda melakukannya secara berlebihan. Jadi harus sewajarnya saja.

  1. Berbuka puasa

Ketika matahari terbenam dan adzan berkumandang maka kita harus segera mengakhiri puasa dengan segera berbuka. Berbuka berarti kita sudah boleh makan dan minum. Rasullullah SAW menganjurkan makanan untuk berbuka adalah makanan manis terlebih dahulu, serta jangan makan secara berlebihan karena itu tidak baik. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here