Teknik SADARI untuk Deteksi Dini Kanker Payudara

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Berdasarkan Pathological Based Registration di Indonesia, Kanker payudara (KPD) menempati urutan pertama dengan frekuensi relatif sebesar 18,6%. Kanker payudara merupakan keganasan pada jaringan payudara yang dapat berasal dari epitel duktus maupun lobulusnya. Faktor resiko terjadinya kanker payudara yaitu > 50 tahun, riwayat keluarga dan genetika, riwayat penyakit keluarga, riwayat menstruasi dini (< 12 tahun) atau manerche lambat (>55tahun), riwayat reproduksi, hormonal, obesitas, alkohol, riwayat radiasi dingding dada, dan faktor lingkungan.

Keluhan yang di alami oleh penderita yaitu benjolan di payudara, benjolan diketiak dan edema lengan. Kecepatan tumbuh dengan atau tanpa rasa sakit, kelainan kulit, nipple discharge, retraksi putting susu, dan krusta. Selain itu keluhan lain yang di alami penderita kanker payudara yaitu nyeri tulang dan merasa sesak.

Penyakit kanker payudara dapat dideteksi dini dengan cara periksa payudara sendiri (SADARI), pemeriksaan payudara oleh tenaga klinis, pemeriksaan mammografi, dan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Keempat cara tersebut upaya anda untuk mencegah terjadinya kanker payudara agar dapat segera diketahu bilamana anda terserang penyakit tersebut. Dalam artikel ini penulis akan membahas mengenai tekhnik sadari.

APA YANG DI MAKSUD DENGAN SADARI ??

Sadari adalah suatu cara atau pengembangan kepedulian seorang wanita terhadap kondisi peyudaranya sendiri. Tindakan ini dilengkapi dengan langkah-langkah khusus untuk mendeteksi penyakit kanker payudara secara awal. Tujuan dilakukannya sadari adalah sebagai skrining kanker payudara untuk mendeteksi sedini mungkin keadaan normal atau abnormal serta adakah kelainan pada payudara karena penyakit ini hakikatnya dapat diketahui secara dini oleh para wanita usia subur.

BAGAIMANA CARA MELAKUKAN TEKHNIK SADARI ??

Tekhnik sadari sebaiknya dilakukan 7 sampai 10 hari setiap bulan setelah menstruasi. Hal ini berarti anda telah mencegah dan menyelamatkan diri anda dari bahaya penyakit kanker payudara.

  1. Pastikan pencahayaan ruangan dalam keadaan yang terang
  2. Berdiri di depan cermin dan lepaskan pakaian dari pinggang ke atas
  3. Perhatikan bentuk payudara anda apakah payudara kanan dan kiri anda simetris
  4. Letakan lengan disamping tubuh, perhatikan bentuk, ukuran dan perhatikan apakah ada perubahan warna kulit, serta bentuk putting payudara anda
  5. Letakan tangan di pinggang dan tekan kuat-kuat. Perhatikan payudara dari kiri ke kanan dan kanan ke kiri
  6. Bungkukkan badan mu di depan cermin hingga payudara terlujur ke bawah. Raba dan perhatikan apakah ada perubahan atau tidak
  7. Perhatikan payudara bagian atas dan bawah dengan cara tautkan tanganmu di belakang kepala
  8. Tekan puting secara perlahan dengan mengunakan jari telunjuk dan jempol. Cermati dan perhatikan apakah ada darah yang keluar dari puting payudara anda (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here