Teknologi Digital Untuk Kesehatan

SehatFresh.com – Proses perkembangan dunia teknologi digital telah mempengaruhi banyak bidang, termasuk juga kesehatan. Berkat kemajuan teknologi di bidang kesehatan, banyak alat-alat kesehatan yang bermunculan, yang tentu saja memberikan manfaat positif bagi pemberi dan penerima layanan kesehatan. Seiring dengan tren penggunaan smartphone yang meningkat pesat, aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan kesehatan telah banyak bermunculan guna membantu memantau kondisi kesehatan.

Teknologi dalam bidang kesehatan juga telah menciptakan berbagai macam inovasi dalam teknik dan pengobatan. Sinar-X, antibiotik, anastesi, transplantasi, cyringpump, nebulaizer, suction, dan lain sebagainya merupakan penemuan dalam bidang kesehatan telah menurunkan tingkat kematian bagi pasien. Teknologi juga membuat sistem dan informasi kesehatan semakin mudah diakses. Informasi mengenai tips pengobatan, penyakit beserta gejala, penyebab serta pencegahannya, kini dapat diakses dengan mudah dari smartphone atau tablet Anda.

Teknologi memang menawarkan kemudahan dalam berbagai aspek kesehatan. Namun kemudahan itu tidak lepas dari konsekuensi. Penelitian telah menemukan ada beberapa gangguan kesehatan akibat penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

  • Zat radioaktif yang digunakan dalam pengobatan kanker juga dapat menimbulkan radiasi berbahaya, yang bisa menjadi cikal bakal munculnya penyakit baru. Begitu juga dengan alat komunikasi yang digunakan sehari-hari. Komunikasi saat ini telah didominasi teknologi nirkabel. Ternyata, paparan radiasi dari perangkat nirkabel bisa menyebabkan metabolisme tubuh tidak seimbang. Ini bisa memicu sejumlah masalah kesehatan, mulai dari sakit kepala, kelelahan, insomnia hingga kanker.
  • Para remaja dapat menjadi begitu terobsesi dengan media sosial online dan mengorbankan kesehatannya. American Academy of Pediatrics melaporkan anak-anak yang diabaikan di media sosial cenderung lebih tertekan ketimbang ketika mereka diabaikan dalam kehidupan nyata. Kesehatan mental seorang anak juga akan terganggu bila ia menjadi korban cyber-bullying.
  • Individu masa kini lebih cenderung menampilkan perilaku narsis dan kurang menunjukkan empati. Ini bisa terlihat dari perilaku atau kebiasaannya yang terus-menerus memperbaharui status di media sosial.
  • Kecanduan internet yang dialami banyak orang terjadi seiring meningkatnya jumlah orang yang kecanduan game online dan pornografi.
  • Gangguan kesehatan yang seringkali diderita pengguna komputer adalah Computer Vision Syndrome. Ini terjadi jika Anda terlalu lama menatap layar komputer. Gejala yang ditimbulkan diantaranya pandangan kabur, sakit kepala, sakit leher, serta mata lelah, kering dan iritasi.
  • Pengguna earphone seringkali mengalami telinga berdenging (tinnitus). Pengguna ponsel juga bisa mengalami hal serupa, jika terlalu sering menerima telepon meskipun dengan volume suara tidak terlalu keras.
  • Masalah kesehatan yang semakin umum saat ini adalah gangguan tidur. Terlalu lama menatap layar monitor baik itu TV, komputer, tablet, atau smartphone juga bisa memengaruhi kualitas tidur.

Semakin bertambahnya tahun, teknologi juga akan semakin bertambah canggih. Kemajuan teknologi informasi membawa dampak positif dan negatif dalam kehidupan. Oleh karenanya, sangatlah penting mengetahui cara yang tepat dalam menyikapi kemajuan teknologi dan memanfaatkannya secara bijak guna terhindar dari pengaruh negatif kemajuan teknologi.

Sumber gambar : www.asuransiadira.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here