Teliti Memilih Bahan Makanan di Supermarket

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Salah satu persiapan penting dalam menjalankan ibadah puasa adalah menyiapkan stok makanan untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Karena harus menjalankan puasa selama satu bulan jadi stok makananpun harus mencukupi, jangan sampai habis sebelum bulan puasa selesai.

Untuk mencukupi stok makanan di bulan puasa, tidak jarang ibu rumah tangga lebih menyukai untuk menyimpan makanan yang instan karena beranggapan makanan instan akan lebih tahan lama dibandingkan bahan makanan lain.

Supermarket merupakan gudangnya makanan instan dan kebanyakan ibu rumah tangga memang berbelanja makanan instan disini. Semua makanan di beli dari mulai mie instan atau produk ikan kaleng.

Tetapi perlu ibu perhatikan ketika berbelanja di supermarket. Walaupun barang-barang di supermarket terlihat bagus dari kemasannya tak jarang ditemukan barang yang rusak atau bahkan sudah kadaluarsa. Sehingga diperlukan ketelitian dalam membeli barang di supermarket. Jika tidak teliti kesehatan tubuh dapat menjadi taruhannya.

Agar anda teliti dalam belanja di supermarket, berikut hal-hal yang perlu anda perhatikan ketika membeli bahan makanan di supermarket:

  1. Tanggal Kadaluarsa

Ketika meneliti bahan makanan yang akan ada beli, hal pertama yang penting diperhatikan adalah tanggal kadaluarsa dari produk yang anda beli. Sebaiknya beli produk makanan yang tanggal kadaluarsanya lebih dari satu bulan. Hindari pembelian barang yang tanggal kadaluarsanya kurang satu bulan apalagi sampai barang yang sudah terlewat dari tanggal kadaluarsa.Ketika membeli parsel juga harus hati-hati, beberapa supermarket yang hanya ingin mendapatkan keuntungan kadang berani menyisipkan produk kadaluarsa di dalam parsel yang anda beli.

  1. Label Halal

Bagi orang muslim membeli makanan yang halal merupakan hal yang wajib. Supermarket menjual barang yang tidak semuanya berasal dari lokal, ada juga yang berasal dari luar negeri atau negara yang mayoritas bukan islam. Jadi sebaiknya cari produk yang bersertifikat halal dari majelis ulama Indonesia. Sehingga makanan yang kita konsumsi juga memberikan keberkahan.

  1. Kemasan makanan

Saat membeli makanan pastikan kemasan masih dalam keadaan baik atau tidak rusak. Karena kemasan yang masih baik menandakan bahwa produk yang di dalamnya juga bagus.

  1. Warna

Warna makanan juga penting diperhatikan. Hindari makanan yang berwarna mencolok karena ada kemungkinan menggunakan perwarna yang tidak sehat atau tidak dari bahan alami dan tidak aman.

  1. Kandungan nutrisi

Memutuskan untuk membeli suatu makanan berarti juga memutuskan untuk mengonsumsinya. Jadi penting untuk memperhatikan kandungan nutrisi. Bacalah kandungan nutrisi dalam kemasan sebelum anda membelinya. Perlu diperhatikan juga penggunaan pengawet dan pemanis dalam produk makanan yang akan dibeli. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here