Tenosynovitis De Quervain

Definisi
Tenosynovitis De Quervain adalah kondisi yang menimbulkan rasa sakit dan mempengaruhi tendon di sisi ibu jari pergelangan tangan. Pada mereka yang menderita de Quervain tenosynovitis, menggerakkan pergelangan tangan dan memegang sesuatu atau mengepalkan tangan pun akan menimbulkan rasa sakit pada tendon.

Meskipun penyebab pasti dari tenosynovitis de Quervain tidak diketahui, setiap kegiatan berulang yang mengandalkan tangan atau memerlukan gerakan pergelangan tangan – seperti bekerja di kebun, bermain golf atau olahraga raket atau mengangkat bayi – dapat membuatnya lebih buruk.

Gejala
Gejala tenosynovitis de Quervain meliputi:
• Nyeri di sekitar pangkal ibu jari
• Pembengkakan di sekitar pangkal ibu jari
• Kesulitan menggerakkan ibu jari dan pergelangan tangan ketika sedang melakukan kegiatan dengan gerakan memegang atau mencubit.
• Sensasi “menempel” atau “stop-and-go” ketika menggerakkan ibu jari
Jika kondisi ini berlangsung terlalu lama tanpa pengobatan, rasa sakit dapat menyebar jauh hingga ke ibu jari, berbalik ke lengan atau keduanya. Mencubit, menggenggam dan gerakan lain yang mengandalkan ibu jari dan pergelangan tangan akan memperburuk rasa sakit.

Ketika ke dokter
Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda masih mengalami masalah dengan nyeri atau fungsi ibu jari walaupun Anda sudah mencoba:
• Menghindari menggerakkan jempol dengan cara yang sama berulang-ulang bila memungkinkan.
• Menghindari mencubit dengan ibu jari ketika menggerakkan pergelangan tangan dari sisi ke sisi.
• Menerapkan kompres dingin ke daerah yang terkena.
• Menggunakan obat anti-inflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, dan lain-lain) dan naproxen (Aleve)
Jika rasa sakit terus mengganggu kegiatan sehari-hari Anda, segera cari bantuan medis.

Penyebab
Penggunaan pergelangan tangan yang berlebihan umumnya terkait dengan tenosynovitis de Quervain.
Ketika kita berpegangan, memegang, mengepalkan, mencubit atau memeras apa pun di tangan, kita menggunakan dua tendon besar di pergelangan tangan dan di bagian bawah ibu jari. Tendon ini biasanya meluncur tanpa rintangan melalui terowongan kecil yang menghubungkan mereka ke pangkal ibu jari. Jika kita melakukan gerak tertentu setiap hari, mungkin dapat mengiritasi selubung di sekitar dua tendon, yang menyebabkan penebalan yang membatasi pergerakan tendon.

Penyebab lain tenosynovitis de Quervain meliputi:
• Cedera langsung pada pergelangan tangan atau tendon; jaringan parut dapat membatasi pergerakan tendon.
• Arthritis inflamasi, seperti rheumatoid arthritis

Faktor Risiko
Kelompok usia antara 30 dan 50 tahun memiliki risiko lebih tinggi terkena de Quervain tenosynovitis daripada kelompok usia lainnya. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria, dan mungkin juga berhubungan dengan kehamilan. Perawatan bayi, yang melibatkan penggunaan ibu jari sebagai leverage untuk mengangkat bayi hingga ratusan kali sehari, juga dapat dikaitkan dengan kondisi tersebut.
Pekerjaan atau hobi yang mengandalkan gerakan tangan dan pergelangan tangan berulang-ulang juga dapat memicu tenosynovitis de Quervain.

Komplikasi
Jika tenosynovitis de Quervain tidak diobati, penderita mungkin sulit untuk menggunakan tangan dan pergelangan tangan dengan benar. Jika tendon yang terkena tidak dapat lagi meluncur dalam terowongan dengan baik, gerakan tangan pun akan terbatas.

Persiapan Sebelum ke Dokter
Buatlah janji dengan dokter jika Anda masih merasakan sakit pada tangan atau pergelangan tangan setelah mencoba langkah perawatan diri – seperti menghindari kegiatan yang memicu rasa sakit – namun tidak membantu meredakan rasa nyeri dan sakit. Setelah tes awal, dokter mungkin merujuk Anda ke ahli ortopedi, rheumatologist, terapis tangan atau terapis okupasi.

Berikut ini beberapa informasi yang dapat membantu Anda bersiap-siap sebelum konsultasi, dan hal penting yang perlu Anda ketahui.

Apa yang dapat Anda lakukan
• Tuliskan informasi medis kunci, termasuk kondisi lain yang diderita dan semua obat-obatan dan suplemen Anda ambil.
• Tuliskan hobi dan kegiatan yang Anda lakukan yang mengandalkan gerakan tangan atau pergelangan tangan, seperti merajut, berkebun, bermain alat musik, olahraga raket atau melakukan kegiatan di tempat kerja secara berulang.
• Tuliskan cedera yang Anda alami baru-baru ini yang memengaruhi tangan atau pergelangan.
• Tuliskan pertanyaan yang ingin Anda tanyakan pada dokter. Buatlah daftar pertanyaan terlebih dahulu untuk menghemat waktu konsultasi Anda

Berikut adalah beberapa pertanyaan dasar yang perlu Anda tanyakan pada dokter yang mengevaluasi Anda terkait gejala pada tangan dan pergelangan tangan. Jika ada pertanyaan yang ingin Anda tanyakan selama kunjungan, jangan ragu untuk bertanya.
• Apa penyebab paling mungkin dari gejala saya?
• Apakah ada kemungkinan penyebab lain?
• Apakah saya perlu menjalani tes tertentu untuk memastikan diagnosa?
• Apa pendekatan pengobatan yang Anda rekomendasikan?
• Saya memiliki masalah kesehatan lainnya. Bagaimana cara terbaik untuk mengelola kondisi ini bersama-sama?
• Apakah saya perlu dioperasi?
• Berapa lama saya harus menghindari kegiatan yang menjadi penyebab kondisi saya?
• Apa lagi yang bisa saya lakukan sendiri untuk meringankan kondisi?
• Kapan saya perlu berkonsultasi lagi?

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter
Dokter akan menanyai Anda sejumlah pertanyaan saat konsultasi. Memepersiapkan diri Anda terlebih dahulu dapat menghemat sebagian besar waktu Anda sehingga Anda memiliki waktu lebih banyak untuk mengkonsultasikan hal penting yang ingin Anda ketahui lebih dalam. Pertanyaan yang akan ditanyakan dokter meliputi:
• Apa gejala yang Anda rasakan dan kapan Anda pertama kali menyadarinya?
• Apakah gejala Anda semakin memburuk atau lebih ringan dari hari ke hari?
• Apakah ada kegiatan tertentu yang tampaknya menjadi pemicu gejala?
• Apakah Anda melakukan olahraga atau hobi tertentu yang mengharuskan Anda melakukan gerakan berulang yang melibatkan gerakan tangan atau pegelangan tangan?
• Apa tugas yang Anda lakukan selama bekerja?
• Apakah akhir-akhir ini Anda mengalami cedera yang mungin menjadi penyebab kondisi?
• Apakah hal tersebut menghambat Anda melakukan kegiatan yang menjadi pemicu gejala?
• Sudahkah Anda mencoba perawatan rumah seperti mengkonsumsi pereda nyeri OTC? Apakah hal tersebut membantu meringankan gejala?

Apa yang bisa Anda lakukan sementara
Sebelum jadwal konsultasi Anda tiba, hindari melakukan aktivitas yang bisa memperburuk rasa nyeri. Untuk meredakan nyeri, coba konsumsi obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAIDs) dan oleskan pada daerah cedera.

Tes dan Diagnosis
Untuk mendiagnosa tenosynovitis de Quervain, dokter akan memeriksa tangan Anda untuk melihat apakah Anda merasakan sakit ketika dokter memberikan sedikit tekanan pada sisi ibu jari pergelangan tangan.
Dokter juga akan melakukan sebuah tes yang disebut tes Finkelstein. Dalam tes Finkelstein, Anda diminta menekuk ibu jari di telapak tangan dan jari-jari lainnya ditekuk ke bawah searah ibu jari. Kemudian Anda juga akan diminta menekuk pergelangan tangan ke arah jari kelingking. Jika ini menimbulkan rasa sakit pada sisi ibu jari pergelangan tangan Anda, Anda mungkin mengalami tenosynovitis de Quervain.
Tes pencitraan, seperti sinar-X, umumnya tidak diperlukan untuk mendiagnosis tenosynovitis de Quervain.

Perawatan dan Obat-obatan
Pengobatan untuk tenosynovitis de Quervain biasanya meliputi obat-obatan, terapi fisik, atau operasi. Pengobatan umumnya bisa berhasil jika dimulai sejak dini, meskipun rasa sakit bisa kambuh jika Anda tidak dapat berhenti melakukan gerakan berulang yang dapat memperburuk kondisi Anda. Jika perawatan dimulai lebih awal, gejala tenosynovitis de Quervain umumnya bisa membaik dalam 4-6 minggu. Ketika tenosynovitis de Quervain dialami pada masa kehamilan, gejalanya akan membaik pada bulan-bulan terakhir kehamilan atau saat proses menyusui habis.

Pengobatan
Untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak, dokter umumnya merekomendasikan pasien untuk menggunakan NSAID, seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, dan lain-lain) dan naproxen (Aleve).
Dokter mungkin juga merekomendasikan obat kortikosteroid yang disuntikkan ke dalam selubung tendon untuk mengurangi pembengkakan. Jika pengobatan dimulai dalam enam bulan pertama gejala, kebanyakan pasien bisa sembuh total setelah menerima suntikan kortikosteroid, biasanya setelah satu kali injeksi.

Terapi
Pengobatan awal tenosynovitis de Quervain meliputi:
• Hindari menggerakkan ibu jari dan pergelangan tangan, jaga keduanya tetap lurus dengan belat atau penjepit untuk mempercepat proses pemulihan tendon.
• Hindari melakukan gerakan yang mengandalkan ibu jari secara berulang bila memungkinkan.
• Hindari mencubit dengan ibu jari ketika menggerakkan pergelangan tangan dari satu sisi ke sisi lainnya.
• Terapkan kompres es ke daerah yang terkena

Penderita juga dapat menemui ahli terapi fisik. Terapis ini dapat meninjau kebiasaan Anda dan memberikan saran penyesuaian yang diperlukan untuk menghilangkan atau mengurangi beban pada pergelangan tangan. Terapis Anda juga dapat mengajarkan latihan yang terfokus pada pergelangan tangan, tangan dan lengan untuk memperkuat otot-otot, mengurangi rasa sakit, dan mengurangi kemungkinan terjadinya cedera pada tendon. Terapis juga dapat membuatkan belat untuk menghindari gerakan pada pergelangan tangan dan ibu jari jika belat jenis off-the-shelf ternyata tidak cocok untuk Anda.

Operasi
Jika kondisi cedera pada tendon lebih serius, dokter dapat merekomendasikan operasi rawat jalan. Operasi melibatkan prosedur di mana dokter memeriksa selubung yang mengelilingi tendon, dan kemudian membuka selubung untuk melepaskan tekanan dan mengembalikan tendon pada posisi normal sehingga ia bisa meluncur bebas.

Dokter akan memberi tahu Anda cara beristirahat, memperkuat dan merehabilitasi tubuh setelah operasi. Seorang ahli terapi fisik mungkin akan menemui Anda setelah operasi untuk mengajarkan latihan penguatan baru dan membantu Anda menyesuaikan rutinitas harian guna mencegah masalah di masa depan.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah
Jika Anda tidak memerlukan operasi, langkah penanganan yang perlu Anda ikuti sama halnya dengan langkah pencegahan, yakni:
• Hindari menggerakkan tangan dan pergelangan tangan dengan cara yang sama berulang-ulang.
• Memakai penjepit atau belat jika disarankan oleh dokter.
• Sertai dengan latihan yang direkomendasikan.
• Buat catatan khusus dari setiap kegiatan yang menyebabkan rasa sakit, bengkak atau mati rasa di ibu jari dan pergelangan tangan, dan kemudian cobalah untuk menghindarinya, dan berbagilah mengenai informasi tersebut dengan dokter Anda.