Tentang Penyakit Hepatitis A

SehatFresh.com – Hepatitis merujuk pada kondisi peradangan dan infeksi pada hati. Hepatitis infeksi akut, atau hepatitis A, adalah jenis yang paling umum. Ini disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV. Virus ini dibawa dalam saluran pencernaan dan ditularkan terutama melalui kontaminasi fecal-oral.

Kebersihan yang buruk ketika menyentuh makanan dan mengonsumsi makanan yang dipanen dari perairan tercemar adalah sumber-sumber infeksi. Makanan mentah yang terkontaminasi HAV telah diakui sebagai sumber wabah. Makanan yang telah dimasak juga bisa menularkan HAV jika suhu selama persiapan makanan tidak memadai untuk membunuh virus atau jika makanan terkontaminasi setelah memasak, seperti yang terjadi pada wabah yang berhubungan dengan infeksi penjamah makanan.

HAV dapat hidup di luar tubuh selama berbulan-bulan, tergantung pada kondisi lingkungan. Virus ini dibunuh dengan pemanasan untuk> 185 derajat F (> 85 derajat C) selama satu menit. Namun, virus masih bisa menyebar dari makanan yang dimasak jika terkontaminasi setelah memasak.

Gejala-gejala hepatitis A

Nafsu makan yang buruk, berkeringat, kelelahan, nyeri tubuh, demam, mual, muntah, tinja berwarna tidak biasa dan penyakit kuning adalah tanda-tanda khas dari hepatitis A. Perubahan warna pada kulit akibat penyakit kuning menunjukkan fungsi hati yang rusak. Pigmen kuning tersebut berasal dari penghancuran sel darah merah dan penghapusan dihasilkan limbah melalui kulit. Hepatitis A menular dua sampai tiga minggu sebelum dan satu minggu setelah penyakit kuning muncul.

Siapa yang paling berisiko?

  • Orang yang sering bepergianke negara-negaradenganendemisitasinfeksiHAV tinggi
  • Priayang berhubungan seks sesama jenis
  • Penggunaobat-obatan terlarang
  • Orangdengan gangguanfaktor pembekuan (clotting factor disorder)
  • Orang yang bekerjadengansatwa primata

Vaksin hepatitis A

Hepatitis A terutama menyerang anak-anak dan dewasa muda di negara-negara berkembang. Mereka dengan eksposur yang diketahui dapat diberikan vaksin atau immune globulin untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi keparahan infeksi. Prinsipnya, vaksin hepatitis A dianjurkan untuk semua anak pada usia 1 tahun, untuk orang-orang yang berada pada peningkatan risiko infeksi, bagi orang-orang yang berada pada peningkatan risiko komplikasi dari hepatitis A, dan untuk setiap orang yang ingin mendapatkan kekebalan.

Selain vaksinasi, higienitas yang baik termasuk mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi, mengganti popok, dan sebelum menyiapkan makanan atau makan juga merupakan bagian integral dalam hal pencegahan hepatitis A.

Sumber gambar : apaperbedaan.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY