Terapi Oksigen Untuk Kehidupan

SehatFresh.com – Oksigen sangat dibutuhkan untuk kehidupan, dan merupakan unsur vital dalam proses metabolisme seluruh sel tubuh. Beberapa penyakit dan kondisi bisa menghalangi Anda mendapatkan oksigen yang memadai. Beberapa orang dengan gangguan pernapasan tidak bisa mendapatkan cukup oksigen alami. Mereka mungkin perlu oksigen tambahan, atau terapi oksigen. Terapi oksigen dimaksudkan untuk kualitas yang lebih baik hidup secara keseluruhan.

Terapi oksigen diresepkan untuk orang-orang yang tidak bisa mendapatkan cukup oksigen dengan sendirinya. Hal ini sering karena kondisi paru-paru yang mencegah paru-paru dari menyerap oksigen, seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), pneumonia, asma, gagal jantung dan trauma pada sistem pernapasan.

Terapi oksigen hiperbarik (hyperbaric oxygen therapy, HBOT) menggunakan ruang khusus untuk meningkatkan konsentrasi oksigen dalam aliran darah. Ruangan bertekanan dua dan satu-setengah sampai tiga kali lebih besar dari tekanan udara normal, sehingga memaksa lebih banyak oksigen untuk masuk ke dalam darah dan seluruh tubuh. Awalnya, ini dikembangkan untuk mengobati para penyelam, kemudian penelitian dari waktu ke waktu telah mengungkap manfaat dari HBOT untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan, selain terkait dengan masalah pernapasan umum.

Jaringan tubuh membutuhkan pasokan oksigen yang memadai untuk dapat berfungsi. Ketika jaringan terluka, maka diperlukan lebih banyak oksigen untuk bertahan hidup. Terapi oksigen hiperbarik meningkatkan jumlah oksigen dalam darah. Peningkatan oksigen darah dapat mengembalikan tingkat gas darah normal dan meningkatkan fungsi jaringan untuk mempercepat penyembuhan dan melawan infeksi.

Menurut Mayo Clinic, dokter mungkin menyarankan terapi oksigen hiperbarik untuk kondisi medis seperti anemia parah, abses otak, emboli gas pada arteri, keracunan karbon monoksida, gangren, infeksi kulit atau tulang yang menyebabkan kematian jaringan, ulkus kaki diabetik, cedera radiasi, kematian jaringan akibat cangkok kulit dan kehilangan penglihatan tiba-tiba tanpa rasa sakit.

Untuk menentukan apakah pasien akan mendapat manfaat dari terapi oksigen, dokter akan menguji jumlah oksigen dalam darahnya. Beberapa orang membutuhkan terapi oksigen sepanjang waktu, sementara yang lain membutuhkannya hanya sesekali atau dalam situasi tertentu. Beberapa terapi oksigen dilakukan di rumah sakit, tetapi beberapa orang memiliki suplai oksigen di rumah mereka atau sistem oksigen portabel.

Untuk hasil yang efektif, terapi oksigen hiperbarik digunakan sebagai bagian dari rencana perawatan komprehensif yang diberikan bersamaan dengan terapi lain dan obat-obatan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Banyak orang yang membutuhkan oksigen tambahan dapat hidup normal dan aktif. Terapi oksigen dapat membantu meningkatkan stamina, mengurangi sesak napas,dan membuat aktivitas lebih mudah. Dalam beberapa kasus, terapi oksigen bahkan dapat meningkatkan harapan hidup.

Sumber gambar : id.wikihow.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY