Terapkan Pola Hidup Sehat Sebagai Tindakan Pencegahan Diabetes pada Usia Muda

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Diabetes adalah suatu penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin atau hormon pengatur gula darah atau insulin tidak bekerja dengan baik sehingga menyebabkan gula darah meningkat.

  • Diabetes tipe 1 adalah diabetes yang biasanya di sebabkan adanya kerusakan pada pankreas sehingga hormon insulin tidak dapat di produksi sama sekali. Dan akibatnya gula darah di dalam tubuh tidak dapat terkontrol sama sekali. Diagnosis diabetes tipe 1 terjadi pada anak atau remaja dibawah usia 19 tahun. diabetes tipe 1 membutuhkan terapi insulin, dan tidak akan merespon insulin yang menggunakan obat oral.
  • Diabetes tipe 2 adalah diabetes yang disebabkan akibat resistensi insulin karena pola hidup yang buruk dan kondisi tertentu seperti mengalami obesitas. Diagnosis diabetes tipe 2 terjadi pada orang dewasa setengah baya, menurut American Heart Association (AHA) paling sering menyerang pada usia lebih dari 45 tahun.

Kondisi pada diabetes Tipe 1 lebih cepat dalam menerapkan dan melakukan tindakan pencegahan yang mudah, ringan dan dapat diterima pada anak atau remaja. Pencegahan yang termudah yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat mulai dari kegiatan fisik, asupan makan bergizi hingga pola aktivitas sehari-hari. Pencegahan tersebut dapat dilakukan beberapa hal berikut:

  1. Pengelolaan makanan yang seimbang. Diet yang dianjurkan yaitu diet tinggi serat, rendah kalori dan rendah lemak jenuh. Diet ini dianjurkan diberikan pada setiap orang yang mempunyai risiko Diabetes Mellitus. Pengaturan pola makan dapat dilakukan berdasarkan 3J yaitu:
  • Jumlah : jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh berdasarkan jumlah IMT atau Indeks Masa Tubuh.
  • Jadwal : jadwal makan diatur dengan interval 3 jam sekali dengan 3x makan besar dan 3x makan selingan dan tidak menunda jadwal makan sehari-hari.
  • Jenis diet :
    • Memilih karbohidrat kompleks seperti nasi, oats, kentang, jagung dan ubi jalar.
    • Memilih lemak tak jenuh seperti minyak zaitun, minyak canola, minyak jagung dan minyak bunga matahari.
    • Memilih kacang, sepotong buah segar atau bebas gula yoghurt untuk camilan.
    • Memilih potongan daging putih, daging unggas dan makanan laut.
    • Memilih sayuran berdaun hijau seperti bayam, selada atau kale.
    • Sebagai alternatif, buah yang kaya gula dengan buah dengan kandungan serat tinggi sangat dianjurkan seperti apel, pir dan raspberry.
  1. Melakukan Aktifitas fisik seperti berolahraga secara teratur. Penerapan kegiatan jasmani dapat diterapkan sehari hari dan latihan jasmani secara teratur, dilakukan sebanya 3-4 kali seminggu selama kurang lebih 30 menit. Terdiri dari pemanasan ±15 menit dan pendinginan ±15 menit. Latihan jasmani yang dianjurkan berupa latihan jasmani yang bersifat aerobik seperti jalan kaki, bersepeda santai, jogging dan berenang.
  2. Menerapkan pola hidup sehat dengan tidak mengkonsumsi gula instan, tidak menerapkan konsumsi junk food, menjelaskan bahaya minuman yang berwarna dan mengandung soda. Sebagai gantinya dapat diberikan penjelasan dengan konsumsi air putih dan mengenalkan olahan masakan sehat yang bervariasi.
  3. Periksakan kesehatan anak secara teratur ke dokter. Memonitor dan mengecek kadar gula darah anak secara berkala.
  4. Edukasi sebagai andil orang tua. Orang tua sangat berpengaruh dalam mencetak generasi sehat dengan menerapkan pola hidup sehat. Edukasi yang dilakukan yaitu dengan menjelaskan kepada anak apa itu diabetes, bahaya diabetes, komplikasi yang akan terjadi dan pencegahan yang harus dilakukan untuk menangani diabetes itu sendiri. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here