Terlalu Banyak Zat Gula dapat Menurunkan Libido

Close up of woman with pink lipstick licking sugar covered lips

SehatFresh.com – Libido adalah istilah yang penggunaannya secara umum berarti gairah seksual. Dalam definisi yang bersifat lebih teknis berdasarkan yang dikemukakan oleh Carl Gustav Jung, libido mempunyai pengertian sebagai energi psikis yang dimiliki individu untuk digunakan dalam perkembangan pribadi atau individuasi.

Gula adalah zat makanan yang paling mudah Anda temui dalam setiap makanan yang Anda konsumsi selain garam. Tak hanya memberikan rasa manis saja, gula juga akan menjadi penyeimbang rasa dari garam sehingga menjadikan makanan Anda terasa gurih.

Tahukah Anda, terlalu banyak mengkonsumsi zat gula dapat meurunkan libido? Berikut dampak dan akibat yang ditimbulkan.

  • Menurunkan hormon testosteron

Hormon testosteron merupakan hormon yang mempengaruhi libido pria. Semakin tinggi hormon testosteron dalam tubuhnya, maka semakin tinggi pula libido seksual pria. Namun, zat gula berlebihan mampu mengganggu produksi hormon ini sehingga mengakibatkan gairah seksual menurun.

  • Membuat cepat lelah

Terlalu banyak zat gula dalam tubuh akan membuat tubuh Anda bekerja begitu keras dalam mencernanya. Sehingga akan membuat Anda cepat lelah. Jika Anda menderita kelelahan dan Anda tidak segera mengistirahatkannya, maka gairah seksual Anda pun akan terganggu.

  • Meningkatkan insulin

Insulin merupakan kadar gula dalam darah. Insulin memang diperlukan agar tubuh Anda berfungsi dengan baik. Namun jika terlalu banyak insulin dalam tubuh, maka hormon testosteron akan terganggu sebab tidak bisa diproduksi dengan baik. Hasilnya libido Anda akan menurun.

  • Mengganggu kerja leptin dan¬†neurotransmitter

Tingginya kandungan gula dalam otak dapat memengaruhi kemampuan otak untuk memengaruhi hormon leptin. Hormon ini sebenarnya berfungsi sebagai alarm jika Anda makan terlalu banyak gula. Namun saat gula yang Anda konsumsi berlebihan, maka kerja leptin akan mati. Selain leptin, neurotransmitter yang seharusnya berfungsi untuk mengatur gairah juga mati. Sehingga libido Anda pun akan menurun.

  • Meningkatkan kortisol

Kortisol merupakan hormon dalam tubuh yang akan meningkat saat Anda stres. Dan ketika Anda makan terlalu banyak gula, secara ajaib justru hormon ini akan meningkat dan dapat membunuh libido Anda.

Gula memang manis. Namun jika konsumsinya terlalu banyak, maka kesehatan Anda termasuk kehidupan seksual Anda pun menjadi pahit. Jadi, mulai sekarang segera batasi konsumsi gula Anda.

  • Pengaruh penggunaan obat-obatan

Terdapat kasus menarik yang telah dipecahkan oleh Michael Irwig, asisten profesor kedokteran di George Washington University. Michael Irwig menemukan sejumlah pasiennya yang mengalami penurunan libido akibat pengaruh menggunakan obat penyubur rambut. Diduga pengaruh dari penggunaan obat penyubur rambut tersebut dapat mempengaruhi gairah seks seseorang dan dari hasil survei yang didapatnya, sebanyak 92.8% pasien mengalami kesulitan dalam mendapatkan orgasme sehingga hal ini juga akan memengaruhi kualitas dari hubungan seksual.

  • Tingginya kadar kolesterol

Adanya kolesterol yang menumpuk di lingkaran pinggang sering kali membuat Anda merasa tidak nyaman dengan bentuk tubuh yang Anda miliki. Tingginya kadar kolesterol pada dasarnya bukan hanya memengaruhi perubahan fisik semata, hal yang sama juga berpengaruh terhadap jumlah protein seks hormon binding globulin (SHBG) yang diproduksi hati. Mark Vanderpump yang berprofesi sebagai konsultasn endokrinologi di Royal Free Hospital di London mengungkap bahwa SHBG yang mengalami penurunan atau pengurangan secara bersamaan juga akan mempengaruhi turunnya libido.

Oleh karena itu, kenali lebih jauh efek yang ditimbulkan akibat kelebihan zat gula.

Sumber gambar : surabaya.wartakesehatan.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY