Terlalu Sering Mengetik di Komputer Maupun Ponsel Dapat Memicu Kerusakan Saraf

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, pernahkah Anda merasa was-was jika terlalu sering mengetik di komputer, laptop, atau pun ponsel? Benarkah memicu kerusakan saraf? Artikel berikut ini akan menjawab pertanyaan Anda.

Benarkah Terlalu Sering Mengetik Dapat Memicu Kerusakan Saraf?

Terlalu sering mengetik di depan komputer, laptop dan ponsel memang dapat memicu terjadinya kerusakan saraf. Peran saraf otonom ialah mengatur gerakan yang tidak bisa dikendalikan. Gerakan jantung, usus, sistem pernapasan juga merupakan prinsip kerja merupakan sistem saraf otonom.

  • Sistem saraf memungkinkan seseorang dapat bergerak secara leluasa sehingga dapat merasakan rangsangan lingkungan yang ada di sekitarnya. Sistem saraf dapat mengalami gangguan neuropati atau kerusakan sel saraf tepi. Tanda awal neuropati ialah terjadinya kesemutan. Rasa nyeri karena kesemutan ialah alarm yang tumbuh dari dalam tubuh.
  • Apabila seseorang yang terlalu sering mengetik di depan komputer, laptop dan ponsel mulai sering mengalami kesemutan itu merupakan salah satu contoh terjadinya gangguan sistem saraf.
  • Kesemutan bisa berubah menjadi kram, mati rasa, kaku, kulit kering mengkilap karena terjadinya kerusakan saraf otonom yang memicu keluarnya kelenjar keringat dan minyak sudah mulai rusak.

Seseorang yang mengalami tanda-tanda tersebut perlu waspada agar kerusakan saraf lebih lanjut tidak terjadi. Kerusakan saraf bisa memicu kerusakan organ yang lainnya juga.

Jika sudah terjadi kerusakan saraf maka perlu melakukan perbaikan sistem saraf dalam waktu yang cukup lama. Sebab kemampuan regenerasi saraf pertumbuhannya sangat lah lambat dibandingkan dengan regenerasi kulit. Regenerasi saraf hanya terjadi sebanyak 1 milimeter saja per hari. Pengobatan kerusakan sistem saraf tepi pun tidak bisa dilakukan selama seminggu hingga dua minggu.

Selain kerusakan sistem saraf terlalu sering mengetik di depan komputer sangat berpengaruh pada kenaikan berat badan dan kolesterol. Selain itu banyak hal yang terjadi seperti sakit punggung, sakit kepala, sakit mata, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari segala macam penyakit yang timbul dari kebiasaan mengetik terlalu lama di depan komputer, laptop, dan ponsel ialah dengan beristirahat ketika dirasa sudah capak. Segera tidur jika mata lelah, dan berbaringlah jika punggung sakit. Hentikan segala macam aktivitas jika kesemutan dan kram karena itu pertanda kerusakan saraf.

Pastikan rutin berolahraga karena mengetik merupakan kegiatan yang sangat beresiko terhadap segala macam kemungkinan tersebut. Jika rutin melakukan olahraga resiko tersebut bisa dikurangi lebih baik. Sebab jika dipaksakan bisa jadi kemungkinan tersebut bisa terjadi.

Demikian informasi mengenai kebiasaan terlalu sering mengetik di komputer, laptop, dan ponsel dapat memicu kerusakan saraf. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi para Pembaca sekalian. Kurangilah aktivitas jika itu sudah berlebihan. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here