Ternyata Bahan-Bahan Alami ini Bisa Mengatasi Rasa Mual

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Rasa mual ingin muntah sebenarnya bukan masalah serius, namun lebih kepada indikasi suatu penyakit. Penyebab umumnya bisa dikarenakan mengonsumsi makanan secara berlebih, flu, kehamilan, mengonsumsi alkohol terlalu banyak, keracunan makanan, stres atau emosional dan mabuk. Untuk mengatasi masalah ini dengan mudah, Anda bisa menerapkan salah satu dari beberapa cara mengatasi rasa mual dengan bahan-bahan alami atau tradisional. Berikut penjelasannya.

  • Jahe

Jahe memiliki beberapa manfaat yang baik bagi pencernaan serta efektif sebagai obat alami untuk mengatasi muntah dan mual, termasuk juga sebagai pencegahan. Anda bisa mencampurkan 1 sendok teh jus jahe dengan jus lemon. Selanjutnya konsumsi campuran jus tersebut 1 – 2 kali dalam sehari. Selain itu Anda juga bisa membuat teh jahe dengan menambahkan sedikit madu.

  • Air beras

Air beras dipercaya dapat meringankan gejala mual atau muntah, terutama jika rasa mual disebabkan oleh gastritis. Anda bisa mencoba mengambil air atau sari pati dari beras putih bukan beras merah, karena biasanya nasi putih kaya akan pati dan lebih mudah dicerna di dalam perut. Untuk pengambilan sari patinya sendiri sangat mudah, hanya perlu merebus secangkir beras bersamaan dengan air satu gelas. Setelah matang, saring dan minum air atau sari patinya.

  • Kayu manis

Cara mengatasi rasa mual atau muntah-muntah secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan racikan kayu manis. Kayu manis atau dalchini berguna untuk menenangkan perut, sekaligus dapat mengobati rasa mual dan muntah yang disebabkan oleh masalah pencernaan.

Caranya rebus air secukupnya tunggu hingga mendidih, lalu tambahkan 1 sendok teh bubuk atau beberapa batang kayu manis. Diamkan beberapa menit agar kayu manis mendidih, saring air dari rebusan kayu manis untuk diminum. Anda juga bisa menambahkan 1 sendok makan madu untuk menambah rasa dan khasiatnya. Khusus ibu hamil, pengobatan ini mungkin tidak akan cocok.

  • Mint

Pengobatan herbal alami lainnya untuk menyembuhkan rasa mual dan muntah adalah dengan mengonsumsi teh mint. Mint berguna untuk mengatasi rasa mual akibat sakit perut. Untuk cara pembuatannya bisa dengan mencampurkan secangkir air panas, 1 sdm daun mint. Diamkan selama 5 hingga 10 menit, kemudian saring airnya untuk dikonsumsi.

  • Cuka

Cuka dari sari apel dapat berguna untuk meringankan rasa mual ingin muntah. Secara tidak langsung hal ini dapat menenangkan perut, sekaligus sebagai alat bantu detoksifikasi. Selain itu, cuka sari apel diketahui dapat mengobati keracunan makanan, dikarenakan sifat antimikroba yang terkadung di dalam cuka sari apel.

Untuk cara pembuatannya sangat mudah, campurkan 1 sdm cuka sari apel dengan 1 sdm madu ke dalam 1 gelas air. Aduk hingga merata setelah itu minum 1-2 kali sehari.

  • Cengkeh

Cengkeh ternyata dapat berfungsi sebagai obat herbal untuk mengatasai rasa mual. Sifat cengkeh sebagai penenang dapat membantu pencernaan kembali normal, sekaligus mencegah rasa mual datang kembali. Pengaplikasian cengkeh untuk mengatasi rasa mual bisa dengan cara dikunyah secara langsung atau dicampurkan dengan teh.(AGT)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY