Ternyata Jamur Kuping Ampuh Menurunkan Kolesterol

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Di era modern saat ini, semakin banyak makanan yang diproduksi dan dikemas dalam keadaan instan agar dapat dikonsumsi dengan mudah. Pengaruh inilah yang menjadi penyebab pola hidup dan pola makan yang tidak sehat di masyarakat, sehingga timbul berbagai penyakit salah satunya penyakit hiperkolesterolemia atau yang umum disebut dengan kolesterol. Kolesterol dipengaruhi oleh faktor makanan dan juga faktor keturunan.

Dalam keadaan normal atau stabil, unsur kolesterol sangat penting bagi tubuh. Beberapa fungsi pentingnya yaitu sebagai lemak tubuh penyusun struktur pada membran sel, pembungkus jaringan saraf, memperbaiki tulang, melindungi kulit dari racun dan masalah kekeringan, pembentukan vitamin D (bersama dengan sinar UV) serta membentuk asam empedu di usus. Jika kadar kolesterol berlebih didalam tubuh maka dapat memicu berbagai gangguan kesehatan, seperti hipertensi, gangguan jantung hingga stroke.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengurangi kadar kolestrol, caranya antara lain dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat, berolah raga dan tambahan obat-obatan. Taukah anda? Jika jamur kuping ternyata juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Jika dilihat lebih dalam, kandungan nutrisi yang terdapat pada jamur kuping per 100 g yaitu air 14.8 g, energi 284 kkal, protein 9.25 g, lemak 0.73 g, karbohidrat 73 g, serat 70.1 g, ampas 2.21 g serta berbagai macam vitamin dan mineral.

Berdasarkan penelitian kandungan dari serat jamur kuping inilah yang mampu untuk menurunkan penyerapan kolesterol di dalam usus halus, sehingga asam empedu dan juga kolesterol dikeluarkan bersamaan dengan kotoran. Semakin banyak yang dikeluarkan maka semakin banyak pula tubuh memproduksi asam empedu baru yang bebas dari kolesterol.

Selain kolesterol jamur kuping juga dapat membantu menurunkan panas dalam, mengurangi rasa sakit pada kulit akibat luka bakar, menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, penawar racun, menghambat pertumbuhan carcinoma dan sarcoma (kanker) sampai 80 – 90%, sebagai antioksidan dan juga anti-tumor. Maka tak heran, banyak penelitian mengulas mengenai kaitan antara kolesterol dengan jamur kuping.

Pengolahan jamur kuping dengan benar sangat berperan penting agar tidak mengurangi kandungan dalam jamur kuping. Ada dua cara ampuh yang bisa diterapkan yaitu:

  • Pertama, cukup direndam dalam air panas, kurang lebih setengah jam dan tiriskan. Kemudian dapat diolah dan dimasak sesuka Anda.
  • Kedua, jika jamur kuping dipanaskan hingga mendidih. Kemudian ambil sarinya dan dinginkan. Kemudian minumlah secara rutin untuk hasil yang maksimal. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here