Tetap Cantik dan Bugar Selama Kehamilan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menjadi cantik dengan bentuk tubuh yang bugar merupakan idaman bagi setiap wanita pada setiap kesempatan, tak terkecuali pada masa kehamilan. Kehamilan merupakan salah satu momen ‘Wow’ dalam siklus kehidupan. Perubahan tubuh selama hamil tak bisa dihindari. Kehamilan dapat mengakibatkan perubahan pada kulit menjadi lebih berminyak, berjerawat atau justru menjadi sangat kering. Selain warna kulit bentuk tubuh juga semakin membasar, belum rasa lemas dan lesu serta lelah.

Dr. Prima Progestian, SpOG mengatakan “Kehamilan yang ideal tidak hanya membutuhkan tubuh ibu hamil yang sehat dan bebas dari penyakit. Namun, juga perlu tubuh yang bugar sehingga ibu hamil tetap dapat menjalani kehamilan dan mempersiapkan persalinan dan proses menyusui nantinya dengan baik. Kecantikan akan terpancar pada tubuh yang sehat, segar, bugar dan penuh energi.”

Ada beberapa cara agar ibu hamil tetap sehat, bugar dan tetap tampil cantik, yaitu: Melakukan Olahraga. Olahraga secara teratur bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin sehingga menyangga struktur tubuh dengan baik. Olahraga dapat mulai dilakukan sejak awal trimester kedua. Jantung bekerja efektif sehingga peredaran darah ke janin menjadi lebih lancar. Namun tidak semua jenis olahraga baik dilakukan oleh ibu hamil. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa ibu hamil tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas berat. Untuk itu, ibu hamil wajib mengetahui olahraga apa saja yang boleh dilakukan saat hamil diantaranya seperti jalan santai, yoga, gerakan senam ringan, bersepeda atau berenang. Ibu hamil perlu berolahraga maksimal 300 menit per minggu supaya tetap bugar dan sehat.

Dr. Prima menambahkan perlunya melakukan perawatan diri. Saat hamil tubuh akan lebih banyak mengeluarkan banyak keringat. Mandi dan membersihkan tubuh minimal 2 kali sehari secara teratur. Menjaga kebersihan gigi dan mulut penting karena saat hamil seorang ibu akan sering mengalami mual dan muntah. Setelah mandi dan merawat gigi sebaiknya ibu hamil  berdandan meski tidak harus menor tetapi sebaiknya pakailah kosmetik yang aman dan nyaman bagi kulit, karena saat hamil kulit akan menjadi lebih sensitif. Jika mempunyai masalah pada wajah sebaiknya konsultasikanlah terlebih dahulu kepada dokter kulit. Sehingga wajah akan terbebas dari masalah jerawat dan sebagainya.

Rahasia ketiga adalah menjaga pola makan. Wanita hamil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan sebelum hamil. Makanan sumber energi, protein, vitamin dan mineral  merupakan nutrisi yang sangat penting terhadap tumbuh kembang janin di dalam tubuh. Vitamin yang dibutuhkan antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan vitamin B kompleks. Mineral yang dibutuhkan ibu hamil adalah kalsium, zinc, zat besi. Nutrisi lain yang tak kalah pentingnya adalah asam folat. Janin sangat membutuhkan asam folat dalam jumlah cukup diperlukan dalam pembentukan sel dan sistem saraf. “Selama trimester pertama janin akan membutuhkan tambahan asam folat sebanyak 400 mikrogram per harinya. Protein menjadi sumber bagi kalori dan zat pembangun, pembentukan darah dan sel merupakan salah satu fungsi protein. Protein dibutuhkan oleh ibu hamil dengan jumlah sekitar 60 gram setiap harinya atau 10 gram lebih banyak dari biasanya. Selama kehamilan konsumsi kalori haruslah bertambah dikisaran 300-400 kkal perharinya,” tambah dr.Prima.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here