Tidur dengan Lampu Menyala

SehatFresh.com – Tidur di malam hari adalah waktu yang sangat baik untuk mengistirahatkan tubuh. Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari tidur khususnya di waktu malam hari. Manfaat utama dari tidur malam yaitu dapat mengistirahatkan fisik dan pikiran setelah Anda menjalani aktivitas yang relatif padat seharian. Tidur malam dengan kondisi ruangan yang gelap dapat memberi efek kesehatan yang baik pada tubuh. Tidur yang berkualitas di malam hari merupakan upaya detoksifikasi untuk menetralisir racun yang memasuki tubuh. Detoksifikasi tubuh terjadi terutama pada hati akan berjalan optimal ketika tidur. Mekanisme tersebut erat kaitannya dengan produksi antioksidan sebagai penetral racun. Tapi tahukah Anda kalau tidur di malam hari dengan lampu menyala ternyata memiliki dampak yang tidak baik untuk kesehatan tubuh?. Mungkin hal tersebut tidak pernah terbayang sebelumnya.

Menurut penelitian, terbiasa tidur malam dengan kondisi lampu menyala dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Cahaya saat kita tidur menjadikan kualitas tidur menjadi kurang baik karena cahaya tersebut berperan sebagai stimulator kerja otak. Cahaya yang ada dalam ruangan ketika tidur akan menembus hingga ke bagian mata meskipun dalam keadaan terlelap. Cahaya tersebut akan memasuki ruangan stimulator dan direspon oleh otak. Jadi meskipun mata terpejam, tetapi jika ada cahaya yang bersinar, otak akan bekerja untuk merespon cahaya yang masuk tersebut.

Hasil penelitian Ohio State Universuty Medical Centre menyebutkan bahwa, tidur dengan keadaan lampu yang menyala dapat menimbulkan perubahan struktur pada otak dan menyebabkan depresi. Lampu yang menyala ketika tidur bisa menimbulkan perasaan tidak tenang. Hal ini dikarenakan lampu yang menyala mengakibatkan terjadinya perubahan struktur pada otak sehingga menyebabkan perasaan depresi.

Ketika seseorang berada di ruangan dengan cahaya terang, ternyata tubuh tidak memproduksi hormon yang membuat seseorang mengantuk (melatonin). Hormon tersebut juga bisa memengaruhi kualitas tidur seseorang. Tidur malam dengan lampu menyala dapat menghambat produksi melatonin. Hormon melatonin berperan dalam mencegah dan menghambat perkembangan sel kanker pada tubuh, sehingga sangat dianjurkan untuk mematikan lampu saat tidur malam agar hormon melatonin tersebut dapat diproduksi lebih maksimal ketika Anda terlelap. Paparan cahaya lampu dimalam hari dapat mengganggu jam biologis tubuh dan meningkatkan resiko terkena penyakit kanker payudara dan kanker prostat. Terganggunya jam biologis tubuh meningkatkan risiko kemandulan pada wanita dan memengaruhi perkembangan janin bagi Anda yang sedang hamil. Hal ini dikarenakan hormon melatonin memiliki fungsi lain untuk melindungi sel telur serta menangkal radikal bebas yang bisa mengganggu selama ovulasi

Selain kanker payudara dan prostat, lampu yang menyala juga dapat mengakibatkan risiko terserang penyakit leukemia terutama pada anak-anak. Hal ini sangat tidak mengherankan karena lampu yang menyala membuat tubuh menjadi tidak berimbang serta ritme tidur menjadi tidak teratur. Selain itu, tidak membiasakan diri tidur malam dengan mematikan lampu akan berdampak pada berbagai gangguan tidur, penyakit kardiovaskular, gangguan pada sistem metabolisme tubuh serta kemungkinan besar terkena penyakit diabetes yang bisa mengancam jiwa Anda.

Sumber gambar : tradisioanal-obat.blogspot.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here