Tidur saat Puasa Itu Ibadah, Benarkah?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anda pasti sering mendengar kata “tidur adalah ibadah” ketika di bulan puasa. Siapa saja pasti mengatakan perihal tidur itu adalah ibadah di saat bulan puasa. Namun, benarkah jika dengan tidur di bulan puasa dapat dikategorikan menjadi sebuah ibadah?

Ternyata kita harus membenahi kembali pemahaman kita terhadap tidurnya orang puasa itu bisa dikatakan ibadah atau tidak. Sebab tidur kita bisa dikatakan ibadah tergantung niat kita pada saat hendak tidur pada keadaan berpuasa.

Mengapa bergantung pada niat kita? Ternyata hadits yang selama ini mengatakan bahwa tidur itu ibadah saat puasa merupakan hadits yang bersifat lemah jadi kebenarannya juga lemah. Namun, suatu tindakan yang tadinya tidak berpahala bisa menjadi berpahala jika anda melakukan dengan niat yang baik.

Contoh hal yang mbah menjadi berpahala yaitu seperti halnya saat makan dan minum yang diniatkan agar menguatkan badan untuk melaksanakan shalat dan berpusa, maka hal itu bernilai pahala. Sebagaimana pula jika seseorang berniat tidur di malam hari dan siang harinya agar kuat dalam beramal, maka tidur seperti itu menjadi bernilai pahala.

Atau anda mungkin tidur di siang hari saat berpuasa berniat agar terhindar dari perbuatan berdosa atau menghindar dari hal yang dapat membatalkan puasa maka tidur anda bisa menjadi pahala. Sebaliknya jika karena ingin bermalas-malasan dan anda tidur maka tidur anda saat berpuasa tidak dibilang ibadah serta tak ada pahala atau sia-sia.

Yang perlu anda ingat adalah setiap amalan tergantung dari niatnya atau “innamal a’malu bin niyaat”.Jadi perbaiki lagi semua hal yang anda lakukan tidak hanya perihal tidur saat berpuasa sehingga perbuatan anda tidak sia-sia.

Terlalu banyak tidur juga tidak baik, sehingga tidur dalam waktu sewajarnya. Kalau banyak tidur, bagaimana anda bisa mendapat banyak pahala di bulan yang penuh kemuliaan yaitu bulan ramadhan ini. Jadi gunakan waktu anda lebih banyak untuk melakukan hal yang lebih bermanfaat.

Hal bermanfaat yang bisa anda lakukan di bulan ramadhan agar waktunya tidak sia-sia, contohnya yaitu mebaca buku atau mendengar radio dan melihat acara televisi yang menyiarkan tentang agama, atau anda bisa membaca al-quran sehingga selama bulan ramadhan anda bisa khatam satu al-quran. Jika anda bosan berdiam diri di rumah, anda bisa melakukan aktivitas ibadah lain di luar seperti berbagi makanan untuk berbuka puasa kepada orang yang kurang mampu. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here