Tiga Indikator Kehidupan Seksual yang Sehat

SehatFresh.com – Tidak semua orang mendapatkan kehidupan seksual yang sehat dengan pasangannya. Bahkan banyak pasangan yang mengalami kehidupan seksual tidak sehat sehingga menjadi tidak harmonis. Ada tiga faktor utama yang menjadi penyebab mengapa kehidupan seksual tidak harmonis, yaitu, komunikasi, pengetahuan seksual dan fungsi seks.

  1. Komunikasi

Keharmonisan antara suami-istri membutuhkan kemesraan agar dapat terjalin dengan baik. Namun, kemesraan tidak akan tumbuh apabila suami-istri tidak terbina komunikasi yang baik. Banyak pasangan suami istri, bahkan yang sudah lama menikah, tidak dapat berkomunikasi dengan baik, apalagi menyangkut masalah seks. Imbasnya, banyak hal yang tidak diketahui oleh pasangannya sehingga ketidakpuasan masing-masing pihak tidak saling diketahui. Tanpa komunikasi yang baik, masing-masing pasangan tidak akan mengetahui keinginan pasangan ketika berhubungan intim agar mendapatkan kepuasan. Komunikasi seksual mutlak perlu dibina sebaik mungkin demi terciptanya kehidupan seksual yang sehat.

  1. Pengetahuan seksual

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa seks bukanlah sekadar melakukan hubungan seksual. Banyak orang yang memiliki persepsi salah soal seks karena pemahaman yang salah. Hal ini bisa terjadi karena terlalu percaya pada mitos seks yang beredar di masyarakat tapi tidak dicari kebenarannya melalui sumber yang akurat. Pemahaman dan pengetahuan seks yang kurang dapat mengarah pada perilaku seksual yang salah sehingga bisa merugikan dan mengakibatkan kehidupan seksual menjadi tidak sehat.

  1. Fungsi seks

Secara fisik, fungsi seks berkaitan dengan fungsi tubuh yang melipiuti hormon, jantung, pembuluh darah, saraf dan otot. Bila terdapat gangguan pada fungsi tubuh tersebut, maka fungsi seksual dapat terganggu pula. Begitu pula sebaliknya, fungsi seksual yang terganggu dapat menjadi indikator adanya gangguan pada fungsi tubuh lain. Misalnya, ketika seorang pria mengalami disfungsi ereksi, hal tersebut bisa mengindikasikan adanya gangguan hormon, jantung atau pun gangguan fungsi organ lainnya. Olahraga sangat berperan penting dalam mendongkrak vitalitas dan metabolisme tubuh. Secara umum, olahraga dapat membantu fungsi seks tetap terjaga. Olahraga juga perlu diimbangi dengan konsumsi makanan sehat.

Hubungan seksual yang sehat adalah hubungan seksual yang dikehendaki bersama, dapat dinikmati bersama, dan tidak menimbulkan akibat buruk, baik pada segi fisik maupun psikis. Kualitas kehidupan seksual berkaitan dengan kualitas hidup. Maka dari itu, sangat penting meningkatkan kualitas hidup dan hubungan suami-istri yang harmonis melalui aktifitas seksual yang sehat. Agar dapat menciptakan kehidupan seksual yang sehat, masing-masing pasangan harus dapat membina komunikasi dua arah yang harmonis, memiliki pengetahuan seks yang benar serta memiliki rasa menghargai terhadap diri sendiri dan pasangan.

Sumber gambar : intisari-online.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY