Tiga Penyebab Utama Asam Urat

SehatFresh.com – Penyakit asam urat disebabkan oleh pengendapan kristal asam urat dalam jaringan tubuh. Asam urat adalah bahan kimia yang dibuat ketika tubuh memecah purin dalam makanan. Kristal asam urat menjadi mengendap dalam jaringan ketika ada terlalu banyak asam urat dalam darah (hiperurikemia). Kondisi ini dapat disebabkan oleh penurunan ekskresi asam urat, peningkatan produksi asam urat, atau asupan makanan tinggi purin.

  1. Penurunan eksresi asam urat

Asam urat akan dikeluarkan dari tubuh melalui ginjal. Ketika fungsi ginjal tidak efisien, kadar asam urat meningkat. Penyebab utamanya adalah masalah pada ginjal. Obat seperti pil air (diuretik) dan obat yang menekan sistem kekebalan (cyclosporine), dapat menyebabkan kerusakan ginjal yang dapat menyebabkan retensi asam urat. Diabetes dan tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol juga bisa berimbas pada tidak efisiennya fungsi ginjal.

  1. Peningkatan produksi asam urat

Peningkatan produksi asam urat juga dapat menyebabkan asam urat. Ini bisa disebabkan oleh kelainan enzim dan bisa terjadi jika seseorang memiliki kondisi seperti limfoma, leukemia, anemia hemolitik dan psoriasis. Efek samping kemoterapi atau terapi radiasi juga telah dikaitkan dengan peningkatan produksi asam urat.

  1. Faktor gaya hidup

Faktor gaya hidup, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi purin, obesitas dan penggunaan alkohol bisa memicu serangan asam urat. Terlalu banyak asupan makanan yang tinggi purin bisa memicu asam urat. Purin merupakan komponen kimia alami dari DNA dan RNA. Zat ini akan dipecah di dalam tubuh menjadi asam urat. Beberapa purin secara alami terdapat dalam tubuh.  Sementara beberapa makanan mengandung zat purin yang sangat tinggi dan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Ini termasuk jeroan, daging merah, sarden, ikan berminyak (seperti sarden, ikan teri), asparagus, kembang kol, dan jamur. Untuk minuman, bir telah dikaitkan dengan serangan asam urat karena tinggi purin. Minuman tinggi gula atau fruktosa juga bisa memicu tingginya kadar asam urat.

Bagi banyak orang, gejala pertama serangan asam urat adalah rasa sakit dan bengkak pada jempol kaki. Pergelangan kaki atau lutut juga seringkali terpengaruh. Asam urat biasanya menyerang satu sendi pada satu waktu, tetapi jika tidak diobati dapat memengaruhi banyak sendi. Oleh karenanya, jika mengalami pembengkakan atau nyeri sendi tiba-tiba, lebih baik segera diperiksakan ke dokter.

Mengadopsi kebiasaan gaya hidup sehat adalah bagian penting dari rencana perawatan asam urat yang efektif. Makan makanan yang sehat, terlibat dalam aktivitas fisik secara teratur dan menurunkan berat badan jika diperlukan dapat menurunkan risiko serangan asam urat berulang, serta mengurangi risiko penyakit jantung, yang umum pada orang dengan asam urat.

Sumber gambar : richcare.blogspot.co.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY