Tiga Ritual Kebersihan Setelah Hubungan Intim

SehatFresh.com – Setelah kenikmatan bercinta diperoleh, biasanya apa yang Anda dan pasangan lakukan? Apakah langsung tidur? Berhubungan seks terkadang memang melelahkan. Akibat rasa lelah, tidak jarang banyak orang yang langsung tertidur setelahnya. Memang, rasa mengantuk setelah bercinta merupakan hal wajar setelah berhubungan intim. Hal ini juga terkait hormon yang dilepaskan setelah orgasme ternyata tidak hanya menghasilkan perasaan tenang dan bahagia. Hormon prolaktin pun memang dapat membuat pria merasa sangat lelah. Namun, sebelum tidur, sebaiknya Anda tidak boleh melewatkan ritual kebersihan di bawah ini :

  1. Buang air kecil

Buang air kecil setelah berhubungan intim sangat penting guna menghindari risiko tertular infeksi saluran kemih. Buang air kecil membantu menghilangkan mikroba dari anus atau vagina yang mungkin masuk ke dalam saluran kemih saat berhubungan intim. Memang sepertinya merepotkan kalau kebetulan toiletnya berada di luar kamar tidur, tetapi ini adalah upaya terbaik agar terhindar dari infeksi kandung kemih.

  1. Bersihkan organ intim

Sisa sperma dan pelumas yang menempel di rambut dan kulit sekitar organ intim bisa membuat kulit menjadi lebih lembab. Pada wanita, kelembaban ini membuat kulit menjadi lengket sehingga merusak tingkat keasaman vagina. Jika tingkat keasaman vagina terganggu, jamur akan mudah berkembang biak di vagina sehingga berisiko infeksi. Maka dari itu, biasakan langsung membilas vagina dengan air mengalir setelah bercinta. Untuk pria, membersihkan organ intim setelah selesai berhubungan intim juga sama pentingnya. Sisa cairan vagina yang menempel pada area organ intim bila dibiarkan akan menjadi tempat berkembang biak yang ideal bagi bakteri dan jamur. Akibatnya, ini bisa mengakibatkan keluhan gatal-gatal dan peradangan.

  1. Mandi

Orgasme membuat pembuluh darah melebar sehingga pori-pori kulit ikut membesar dan memudahkan tubuh berkeringat. Tidur dalam kondisi berkeringat membuat area pangkal paha menjadi lembab sehingga menyebabkan pertumbuhan bakteri berlebih. Maka dari itu, biasakan untuk mandi usai bercinta, tentunya ini demi kenyamanan dan kesehatan. Mandi bersama juga merupakan ide yang baik. Anda dan pasangan bisa saling membantu membersihkan punggung diteruskan dengan berpakaian dan menyalakan lilin aromatherapy, kemudian tidur. Perasaan tenang dan bahagia yang berkesinambungan, akan membuat perasaan cinta Anda dan pasangan semakin intim dalam ikatan hubungan yang mendalam.

Menjaga kebersihan baik itu sebelum maupun sesudah berhubungan intim adalah suatu keharusan dan berlaku untuk wanita maupun pria. Bila Anda ingin bercinta tanpa kekhawatiran akan infeksi menular, penting juga untuk selalu memeriksakan kesehatan organ reproduksi Anda.

Sumber gambar : feriandyraynando.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY