Mentimun dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Percayakah jika timun dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi? Seperti yang diketahui jika darah tinggi merupakan kondisi kesehatan, yang bisa juga diwariskan secara genetika atau turun-temurun. Hanya saja gaya hidup seseorang juga bisa menjadi faktor sebagai pemicu penyakit tersebut.

Pengertian darah tinggi atau hipertensi

Menurut Brunner & Suddarth (2001) hipertensi dapat didefinisikan sebagai tekanan darah tinggi persisten, dimana tekanan diastolik di atas 90 mmHg dan tekanan sistoliknya di atas 140 mmHg. Hayens (2003) menambahkan jika tekanan di atas dapat diartikan sebagai peningkatan secara abnormal. Tekanan darah yang terus menerus itu disebabkan satu atau beberapa faktor yang tidak berjalan.

Bicara mengenai tekanan darah tinggi, kini pasiennya tidak hanya terbatas pada orang tua. Hipertensi juga bisa dialami orang-orang yang berusia antara 20 hingga 40 tahun. Dalam kondisi tertentu tekanan darah tinggi seringkali tidak menimbulkan keluhan secara langsung, namun lama-kelaman bisa mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit (Dekker, 1996).

Mentimun (ketimun) sebagai obat menurunkan darah tinggi atau hipertensi

Bagi yang memiliki tekanan darah tinggi tapi masih tergolong ringan, tidak ada salahnya untuk mencoba jus mentimun (ketimun) secara rutin. Lantas kenapa mentimun dapat menurunkan tekanan darah tinggi? Hal tersebut dikarenakan mentimun mengandung kalium, magnesium serta serat yang cukup tinggi sehingga mampu mengurangi tekanan darah.

Mentimun juga tidak hanya memiliki tiga nutrisi yang disebutkan di atas, tapi juga merupakan sumber asam caffeic, folat, silika, serta vitamin A dan K. Mentimun juga memiliki vitamin C, yakni antioksidan kuat yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Rendah sodium juga menjadi salah satu alasan pengonsumsian mentimun sebagai obat sakit hipertensi. Pasalnya asupan sodium yang berlebihan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Berdasarkan hal tersebut sangat cocok mengkonsumsi mentimun untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat lain mentimun

Mentimun merupakan sumber terbaik kalium. Dalam mentimun setidaknya terkandung sekitar 442 mg kalium. Mentimun plus kulit dengan berat sekitar 301 g, mengandung 45 kalori. Sekitar 95 persen dari berat mentimun merupakan air, sebagai nutrisi bebas kalori untuk menekan nafsu makan alami.

Selain bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mentimun juga dapat memperbaiki kulit. Mentimun juga bermanfaat untuk pertumbuhan kuku, giri, dan rambut. Dalam beberapa referensi juga disebutkan jika mentimun dapat membantu membersihkan ginjal tanpa efek samping.

Lantas bagaimana jika tekanan darah tinggi sudah kembali normal? Hentikan konsumsi mentimun atau jus mentimun apabila tekanan darah tinggi sudah kembali normal. Pasalnya jika terus mengkonsumsi dapat beresiko mendapat efek terbalik yakni tekanan darah rendah. Alhasil periksalah tekanan darah setiap 2 minggu sekali, selama melakukan terapi ini. (APT)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY