Tingkatkan Testosteron Secara Alami

SehatFresh.com – Hormon testosteron memainkan peran penting dalam kesehatan pria. Peranan utamanya membantu untuk mempertahankan massa otot, kepadatan tulang, dan dorongan seks. Produksi testosteron berada pada titik tertinggi di awal masa dewasa pria dan menurun sedikit setiap tahun sesudahnya.

Ketika tubuh tidak menghasilkan jumlah yang tepat dari testosteron, kondisi ini disebut hipogonadisme. Pria didiagnosis dengan hipogonadisme biasanya diobati dengan terapi testosteron. Terapi biasanya tidak dianjurkan jika penurunan kadar testosteron terbilang normal seusia usia. Namun, beberapa solusi alami dapat membantu kestabilan kadar testosteron Anda.

  • Tidur cukup

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal “American Medical Association” menunjukkan bahwa kurang tidur dapat sangat mengurangi kadar testosteron seorang pemuda yang sehat. Peserta penelitian melaporkan rasa penurunan kebugaran. Efeknya secara jelas akan terasa setelah satu minggu Anda tidak cukup tidur. Berapa banyak tidur yang dibutuhkan tubuh tergantung pada banyak faktor. Kebanyakan orang dewasa umumnya membutuhkan antara tujuh dan delapan jam per malam agar tubuh dapat berfungsi dengan baik dan menjalani hidup sehat.

  • Berat badan ideal

Pria paruh baya dengan prediabetes cenderung memiliki kadar testosteron yang rendah. Sebuah studi dari “Journal of Endocrinology” mengungkapkan bahwa testosteron rendah dan diabetes saling berkaitan. Pria yang mempertahankan berat badan normal memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes serta hipogonadisme. Penelitian yang dipublikasikan dalam “European Journal of Endocrinology” menyebutkan bahwa menurunkan berat badan dapat membantu meningkatkan testosteron. Temuan ini tidak berarti Anda melakukan diet yang menyiksa. Cara terbaik untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat adalah diet seimbang dan olahraga teratur.

  • Cukup zinc

Pria dengan hipogonadisme seringkali didiagnosis kekurangan zinc. Studi menunjukkan bahwa zinc berperan penting dalam mengatur kadar serum testosteron pada pria sehat. Tiram, daging merah dan unggas mengandung zinc yang tinggi. Sumber lainnya meliputi kacang tanah, kepiting, lobster dan biji-bijian. Pria dewasa harus mendapatkan 11 mg zinc setiap hari.

  • Kurangi gula

Endocrine Society melaporkan bahwa glukosa (gula) mengurangi tingkat testosteron dalam darah sebanyak 25 persen. Ini tampak pada mereka dengan prediabetes dan diabetes.

  • Rutin olahraga

Kadar testosteron rendah dapat memengaruhi gairah seks dan suasana hati. Kabar baiknya, olahraga dapat mengatasi hal ini. Olahraga merangsang zat kimia otak untuk membantu Anda merasa lebih bahagia dan lebih percaya diri. Olahraga juga meningkatkan energi dan daya tahan, dan membantu Anda untuk tidur lebih baik. Ahli kebugaran merekomendasikan 30 menit latihan setiap hari.

Kadar testosteron rendah dapat menyebabkan penurunan gairah seks, disfungsi ereksi, tulang rapuh, dan masalah kesehatan lainnya. Memiliki tingkat testosteron rendah juga dapat menunjukkan kondisi medis yang mendasari. Segera lakukan pemeriksaan medis jika Anda mencurigai memiliki testosteron rendah.

Sumber gambar : www.harianaceh.co.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY